Dorong Donasi Digital, Gopay Fasilitasi Berzakat via GoBills

Gojek, CNN Indonesia | Jumat, 08/11/2019 18:58 WIB
Dorong Donasi Digital, Gopay Fasilitasi Berzakat via GoBills CEO Rumah Zakat, Nur Efendi (Foto: Dok. Rumah Zakat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengguna Gopay kini bisa membayar zakat lebih dekat dan lebih mudah, yakni lewat fitur GoBills yang tersedia di aplikasi Gojek.

Selain memberikan kemudahan dalam membayar zakat, infak, dan sedekah, hal tersebut sebagai wujud konsistensi Gopay dalam mendukung penerimaan zakat nasional sekaligus mendorong masyarakat Indonesia menjadi lebih dermawan.

Managing Director Gopay Budi Gandasoebrata mengatakan pihaknya ingin tetap bisa memberikan solusi bagi kebutuhan masyarakat sehari-hari termasuk dalam beribadah dan juga saling membantu sesama.

"Ke depannya sudah tidak ada alasan lagi. Dengan teknologi semua sudah bisa dipermudah. Mari kita ramai-ramai berzakat, berdonasi, bersedekah melalui GoZakat ataupun channel-channel lainnya," ujar Budi melalui keterangannya, Jumat (8/11).


Sementara itu, CEO Rumah Zakat Nur Efendi sependapat bahwa di era digital ini telah terjadi perubahan perilaku transaksi para donatur. Tren berdonasi yang kini bergeser ke digital diadaptasi oleh Rumah Zakat untuk memudahkan donatur menderma.

"Sekarang sudah berbalik, 80 persen cashless, 20 persen cash. Dengan adanya kemitraan dengan Gojek di GoBills akan mempermudah para muzakki (donatur) kita dalam melakukan donasinya, berbagi.


Dengan membuka aplikasi Gojek lalu pilih GoBills, pilih menu 'Zakat' lalu masukkan jumlah yang ingin dibayarkan, lalu tinggal dipilih nanti lembaganya. Nah, pilih Rumah Zakat," ujar Nur

Bagi Nur, kolaborasi seperti ini tentu mempermudah dan mengakselerasi pertumbuhan zakat. Terutama mendorong transparansi dalam berdonasi sehingga menumbuhkan trust bagi donatur, khususnya ke Rumah Zakat. Terlebih, kemudahan berdonasi itu dipercaya akan meluas tak hanya di masjid-masjid, namun juga kereta api, LRT, dan sebagainya.

"Ini saya kira kemudahan yang diinginkan oleh para muzakki, diinginkan oleh para donatur. Di mana pun, kapan pun, mereka bisa mudah melakukan donasi dengan berapa pun nominalnya. Tidak harus besar, 10 ribu, 20 ribu, 100 ribu tapi nominalnya banyak. Nah, ini yang kemudian bisa menjadikan kebermanfaatannya semakin besar."


Sebagai informasi, inovasi zakat digital ini merupakan bagian dari program GoPay for Good yang diinisiasi GoPay untuk memudahkan masyarakat dalam membantu sesama lewat donasi digital. Saat ini, GoPay for Good telah bekerja sama dengan 400 lembaga nonprofit dan rumah ibadah di 21 provinsi dan 41 kota di seluruh Indonesia.