BMKG: Hujan Lebat Masih Terjadi sampai 3 November

CNN Indonesia | Jumat, 01/11/2019 21:30 WIB
BMKG: Hujan Lebat Masih Terjadi sampai 3 November Ilustrasi hujan. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi hujan lebat hingga angin kencang masih berlangsung sampai 3 November 2019 di beberapa wilayah di Indonesia.

BMKG mencatat pada Sabtu (2/11) esok, wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang yaitu Aceh, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Kalimantan Selatan dan Papua.

Pada Minggu (3/11), wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang yaitu Aceh, Jawa Barat, Jabodetabek, dan Papua.


"Besok (2/11) wilayah yang berpotensi hujan lebat ialah Sumatera Utara, Riau, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur," tulis Bagian Hubungan Masyarakat Biro Hukum dan Organisasi BMKG melalui keterangan rilis yang diterima CNNIndonesia.com, Jumat (1/11).

Selain itu, BMKG juga mencatat pada Minggu (3/11) wilayah yang berpotensi hujan lebat yaitu Sumatera Utara, Riau, Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Potensi turun hujan lebat menurut BMKG, terdapat intrusi massa udara kering dari Belahan Bumi Selatan (BBS) yang melintasi wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa.

"Di depan muka intrusi, kondisi massa udara akan menjadi lebih lembab dan mendukung potensi konveksi (pergerakan molekul-molekul pada cairan atau gas) kuat," terang BMKG.

Sedangkan daerah yang memiliki potensi konvektif (awan yang bergerak secara vertikal dalam atmosfer) dari faktor lokal dengan nilai indeks liabilitas atmosfer sedang atau kuat berada di Riau, Jambi, Belitung, Lampung, Bali, NTB, NTT, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi bagian selatan, Maluku Utara, dan Maluku.

BMKG mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga angin kencang untuk berhati-hati, ketika sedang beraktivitas di luar ruangan. (din/lav)