November-Desember Diperkirakan Jadi Awal Musim Hujan

CNN Indonesia | Sabtu, 26/10/2019 14:15 WIB
November-Desember Diperkirakan Jadi Awal Musim Hujan Ilustrasi. (CNN Indonesia/Harvey Darian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) memperkirakan awal musim hujan di wilayah sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi akan dimulai antara November atau Desember. Sebab, saat ini Indonesia masih mengalami musim kemarau.

"Prediksi BMKG yang saat ini masih musim kemarau. Umumnya awal musim hujan pada November," kata Deputi Bidang Meteorologi Mulyono R. Prabowo saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (25/10).

Awal musim hujan pada periode tersebut akan dialami di daerah Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat & Timur, Maluku, Papua Barat, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara.


"Iya, sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi akan memasuki awal musim hujan pada November. Terdapat juga daerah di Jawa yang mulai memasuki musim hujan di Desember," kata Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim Indra Gustari.

Lebih lanjut, Indra mengatakan daerah di Sumatera, Kalimantan, dan Papua. Sebenarnya sudah ada yang memasuki musim hujan pada September dan Oktober.

BMKG juga disebut Indra memprediksi bahwa musim kemarau pada 2020 umumnya akan dimulai pada April sampai Mei hingga Oktober 2020.

"Sementara itu, wilayah dekat ekuator seperti Aceh, Sumatera Utara, dan Riau, musim hujan pertama akan dimulai Februari-Maret 2020," kata Indra

Panjang musim hujan dan musim kemarau di setiap daerah, disebut Indra berbeda-beda. Iklim suatu daerah juga dipengaruhi oleh kondisi lokal suatu daerah misalnya sebaran daratan-perairan, pegunungan, tutupan lahan, dan sebagainya.

Secara umum Indonesia memiliki tiga tipe iklim:. Iklim pertama adalah daerah yang memiliki satu puncak curah dan umumnya terjadi pada Desember hingga Februari. Iklim ini disebut tipe monsunal, iklim jenis ini berada di bagian timur Sumatra, bagian selatan Kalimantan, sebagian Sulawesi Barat, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan sebagian Papua.

Kedua adalah daerah yang memiliki dua puncak curah hujan diawal tahun sekitar Maret dan di akhir tahun sekitar November. Iklim ini disebut sebagai ekuatorial. Iklim tipe ini ini berada di daerah pantai barat Sumatra, bagian barat-utara Kalimantan, sebagian besar Sulawesi, bagian utara dan selatan Papua.

"Ketiga adalah daerah dengan curah hujan tipe lokal dengan rata-rata puncak hujan di Maluku dan sebagian Papua Barat," ujar Indra. (jnp/eks)