NASA Gandeng Maxar Garap Teknologi Perjalanan ke Bulan

Reuters, CNN Indonesia | Senin, 27/05/2019 02:44 WIB
NASA Gandeng Maxar Garap Teknologi Perjalanan ke Bulan Ilustrasi. (REUTERS/James Lawler Duggan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lembaga Antariksa AS (NASA) memilih perusahaan teknologi luar angkasa Maxar Technologies sebagai kontraktor pertama yang membantu membangun platform Gateway di orbit bulan.

Pos ini menjadi salah satu yang terpenting bagi misi Amerika Serikat membawa para astronaut ke bulan pada 2024. Dilansir dari Reuters, proyek yang dibawa NASA ini bernilai maksimal US$375 juta.

Pemerintahan Donald Trump telah menjadikan proyek ke bulan prioritas tinggi untuk program luar angkasa AS. Trump mengatakan misi tersebut akan membangun landasan bagi perjalanan ke antariksa dengan tujuan akhir Mars.


Pengumuman Wakil Presiden Mike Pence pada 26 Maret mengungkapkan rencana Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional untuk membangun platform ruang angkasa di orbit bulan.

Mereka pun berencana menempatkan astronaut Amerika di kutub selatan bulan pada tahun 2024, empat tahun lebih awal dari yang direncanakan sebelumnya.

NASA menjelaskan Maxar Technologies, sebelumnya SSL akan mengembangkan komponen daya, daya dorong, dan alat komunikasi untuk perintah dan modul layanan seluler bulan.

Namun demikian, lembaga antariksa itu diguncang dengan isu pengunduran diri seorang pejabatnya, Mark Sirangelo, yang baru dikontrak pada April untuk memandu rencana peluncuran astronaut ke bulan pada 2024.

Pengunduran Sirangelo, asisten khusus Administrator NASA Jim Bridenstine, disebut sebagai puncak perselisihan internal dan berkurangnya dukungan kongres.

[Gambas:Video CNN] (age/age)