NASA Ajak Warga Bumi 'Setor' Nama untuk Misi Mars 2020

CNN Indonesia | Senin, 27/05/2019 08:40 WIB
NASA Ajak Warga Bumi 'Setor' Nama untuk Misi Mars 2020 Permukaan planet Mars. (Foto: REUTERS/NASA/JPL-Caltech/Univ. of Arizona/Handout)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengundang masyarakat dari seluruh dunia untuk 'menyetor' nama untuk misi penjelajaan Mars 2020.

Misi tersebut dijadwalkan meluncur sekitar Juni hingga September 2020 dan mendarat di Mars pada Februari 2021.

"Ketika kita bersiap untuk meluncurkan misi Mars yang bersejarah ini, kami ingin semua orang berbagi dalam perjalanan eksplorasi ini," kata Direktorat Misi Sains NASA Thomas Zurbuchen dikutip dari laman resmi NASA.


"Ini waktu yang menyenangkan bagi NASA, ketika kita memulai perjalanan ini untuk menjawab pertanyaan mendalam tentang planet tetangga kita dan bahkan asal usul kehidupan itu sendiri."

Nantinya, usulan nama yang masuk akan disimpan dalam berkas elektron untuk mensketsa nama-nama yang dikirimkan ke dalam microchip. Anggota tim misi di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA di Pasadena, California mengatakan microchip tersebut memiliki ukuran kurang dari 0,1 persen selembar rambut manusia dan bisa menyimpan satu juta nama.

NASA memperkirakan pihaknya memerlukan lebih dari satu microchip untuk mengantisipasi lonjakan permintaan dari warga dunia untuk melakukan perjalanan ke Mars.

Misi Mars 2020 direncanakan mendarat di area Kawah Jezero yang memiliki diameter 45 kilometer sehingga bisa menampung delta sungai di masa lalu. Rover NASA selanjutnya akan memburu tanda-tanda kehidupan yang sudah lama mati, mencari es atau air yang tersimpan di dalam perut Mars dan melakukan berbagai tugas lainnya.

Sebagai contoh, Mars 2020 akan menguji perangkat yang dirancang untuk menghasilkan oksigen dari atmosfer tipis yang didominasi karbon dioksida yang ada di Mars. Teknologi itu ketika ditingkatkan dapat membantu manusia membangun pos terdepan Mars.

Tak hanya itu, NASA bakal mengumpulkan dan menyimpan sampel untuk kembali ke Bumi di masa depan. Kendati demikian, pihak NASA belum mengembangkan misi yang akan membawa pulang materi hasil eksplorasi.

Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftarkan diri turut serta dalam misi ini bisa melihat tautan berikut: https://mars.nasa.gov/participate/send-your-name/mars2020 (din/evn)