Lambretta Tidak Mau Comot Calon Konsumen Vespa

fea, CNN Indonesia | Rabu, 24/04/2019 17:06 WIB
Lambretta Tidak Mau Comot Calon Konsumen Vespa Lambretta V-Special 125 dijual di Indonesia. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Vespa yang sudah lebih dulu berbisnis di Tanah Air kini dapat lawan sepadan dari merek baru yang sama-sama berasal dari Italia, Lambretta. Keduanya diprediksi bakal bersaing menggoda konsumen penggemar skutik premium klasik yang ada di dalam negeri.

Lambretta sudah resmi menyatakan kehadirannya di Indonesia pada Selasa (23/4). Merek ini dipegang oleh PT Skuter Motor Indonesia (SMI) dan telah meluncurkan dua produk, yakni V-Special 125 dan V-Special 200.

Ade Sulistioputra, CEO PT Brum Brum yang merupakan induk perusahaan SMI mengatakan tidak terlalu ingin menyoroti kemungkinan persaingan Lambretta dengan Vespa. Bagi Ade, kehadiran Lambretta bukan untuk merebut konsumen Vespa, melainkan memberi pilihan baru kepada masyarakat.


"Kami tidak mengambil segmen orang, ini segmen baru dan alternatif," kata Ade di bilangan Jakarta Selatan, Selasa (23/4), yang juga menjabarkan Lambretta dan Vespa memiliki pasar berbeda.

Ia meyakini pasar yang ingin disasar Lambretta tidak sempit. Kendati begitu, Ade mengaku masih ingin mempelajari segmentasi pasar untuk skutik yang diimpor utuh dari Vietnam ini.

"Jadi variatif sih, mungkin ada yang sudah fans dengan Lambretta, ngeliat ini brand baru karena sekarang brand-nya itu-itu saja. Tapi kami masih mau melihat base on tiga bulan dulu," ucap Ade yang diketahui juga menjabat di Managing Director Distributor Motor Indonesia (DMI) Royal Enfield.

Ade juga mengatakan, selain menjadi pilihan transportasi baru roda dua, desain ikonik Lambretta diharapkan menjadi kebanggaan bagi penggunanya.

"Kami punya skuter yang diminati di Indonesai, brand yang punya history tinggi. Kami juga akan coba dengar market ini maunya apa. Kalau ngomongin skuter bukan sekadar yang mereka pakai, tapi juga bisa mereka banggakan," kata Ade.

Dua skutik Lambretta mulai bisa dipesan sejak peluncuran dengan harga khusus, V-Special 200 dibanderol Rp52,5 juta dan V-Special 125 Rp44,5 juta on-the-road Jakarta. Setiap unit akan dikirim ke pemesan mulai Agustus 2019.

Lambretta kini baru mendirikan dealer di Jakarta dan direncanakan hingga akhir tahun berdiri satu outlet lagi di Bali.

Marketing Manager SMI Adrianus Donny mengaku optimistis terhadap perkembangan Lambretta di Indonesia. Hanya saja ia enggan berbicara target dan kuota impor motor tersebut.

"Untuk saat ini jangan bicara angka dulu, yang jelas kami masih ingin mengembangkan nama Lambretta dulu di Indonesia. Itu fokus kami sekarang," tutup Donny. (ryh/fea)


BACA JUGA