Huawei Buat Perangkat Komunikasi 5G Pertama untuk Otomotif

Reuters, CNN Indonesia | Rabu, 24/04/2019 04:57 WIB
Huawei Buat Perangkat Komunikasi 5G Pertama untuk Otomotif Ilustrasi. (REUTERS/Aly Song)
Jakarta, CNN Indonesia -- Huawei Technologies akan mengenalkan perangkat keras komunikasi 5G pertama untuk industri otomotif. Hardware ini dinilai sebagai tanda ambisi untuk menjadi pemasok utama sektor industri otomotif self driving.

Dilansir dari Reuters, Huawei mengatakan modul MH5000 didasarkan pada chip Balong 5000 5G dan telah diluncurkan pada Januari.

"Berdasarkan chip ini, Huawei telah mengembangkan modul mobil 5G pertama di dunia dengan kecepatan tinggi dan kualitas tinggi," katanya.
Mereka meluncurkan modul di Shanghai Autoshow, yang dimulai minggu lalu dan berlangsung hingga Kamis.


"Sebagai produk komunikasi penting untuk transportasi mobil cerdas di masa depan, modul mobil 5G ini akan mempromosikan industri otomotif untuk bergerak menuju era 5G," kata Huawei.

Dikatakan modul akan membantu rencana mereka untuk memulai komersialisasi teknologi jaringan 5G untuk sektor otomotif pada paruh kedua tahun ini.

Huawei dalam beberapa tahun terakhir telah menguji teknologi untuk mobil yang terhubung cerdas di kota-kota China seperti Shanghai, Shenzhen dan Wuxi dan telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan sejumlah pembuat mobil termasuk FAW, Dongfeng dan Changan.

Perusahaan, yang juga pembuat peralatan telekomunikasi terbesar di dunia, berusaha untuk memimpin perlombaan global untuk jaringan 5G generasi berikutnya tetapi telah mendapat sorotan yang semakin meningkat dari Washington yang menuduh bahwa peralatannya dapat digunakan untuk spionase. Huawei berulang kali membantah tuduhan itu (age/age)