Mengenal Sistem 'Hybrid' C-HR, Mirip Camry dan Alphard

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 22/04/2019 18:43 WIB
Mengenal Sistem 'Hybrid' C-HR, Mirip Camry dan Alphard Toyota C-HR Hybrid. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Toyota Astra Motor (TAM) mengklaim C-HR Hybrid memiliki konsumsi bahan bakar 24 km per liter, angka itu lebih baik 62 persen ketimbang versi mesin konvensional yang dikatakan mencapai 14 km per liter. Bukan hanya itu, emisi gas buang C-HR Hybrid juga disebut lebih rendah sekitar 60 persen.

Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy menjelaskan sistem hybrid pada C-HR sama dengan model hybrid Toyota lainnya, seperti Camry dan Alphard. Kemampuan hybrid dikatakan bakal otomatis aktif tanpa harus memencet tombol. Motor listriknya dijelaskan bekerja menggantikan kerja mesin bensin saat digunakan pada kecepatan 0-40 km per jam.

Sama seperti Camry dan Alphard, motor listrik akan berfungsi mengisi baterai saat kecepatan melebihi itu atau ketika mobil sedang berada di kemacetan.


Toyota C-HR Hybrid. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Meski begitu, Anton mengatakan kapasitas baterai pada C-HR Hybrid ukurannya lebih kecil ketimbang Alphard maupun Camry. Sebab, kata dia, motor listriknya menyesuaikan kubikasi mesin yang digendong.  Alphard dan Camry memakai mesin 2.500 cc, sedangkan C-HR Hybrid 1.800 cc.

"Motor listrik pada C-HR bedanya itu dia lebih kecil karena menyesuaikan dengan kubikasi mesin," kata Anton di peluncuran C-HR Hybrid di Senayan, Jakarta Selatan, Senin (22/4).

C-HR Hybrid menggunakan mesin 2ZR-FXE 1.800 cc yang dikombinasikan dengan motor listrik (hybrid synergy drive). Kapasitas mesin itu sama dengan versi konvensional, namun kodenya berbeda, yakni 2ZR-FBE.

Dari hal tenaga, mesin C-HR Hybrid punya output lebih kecil, yakni 98,6 tenaga kuda pada 6.400 rpm dan torsi maksimal 141,2 nm pada 4.000 rpm. Namun C-HR Hybrid menerima suplai tenaga tambahan dari motor listrik sebesar 35,5 tenaga kuda.



Toyota C-HR Hybrid. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Anton mengatakan pihaknya juga sudah melakukan penyegaran tampilan buat C-HR yang dijual di dalam negeri, meliputi desain pelek, lampu utama dan rear combi lamp yang berlaku pada varian hybrid dan konvensional. Khusus varian hybrid terdapat emblem 'hybrid' pada sisi samping dan buritan C-HR.

"Selain melakukan sejumlah improvement agar C-HR tampil lebih stylish, kami juga memperkenalkan warna baru yaitu Radiant Green," kata Anton.

C-HR menggunakan headunit layar sentuh tujuh inci yang terintegrasi dengan telepon pintar melalui konektivitas Bluetooth, USB atau AUX-in. Layar sentuh itu juga mampu memutar CD dan DVD.

Selain sistem hiburan, C-HR Hybrid turut dilengkapi fitur keselamatan, di antaranya Impact Absorbing Structure, 7 SRS Airbags, Vehicle Stability Vehicle (VSC), Hill-Start Assist (HSA), Traction Control, dan ABS + EBD + BA. (ryh/fea)