Komunitas Otomotif

Loyalis CBR250RR dan R25 Akur Bincang Keselamatan Berkendara

Febri Ardani, CNN Indonesia | Jumat, 19/04/2019 19:21 WIB
Loyalis CBR250RR dan R25 Akur Bincang Keselamatan Berkendara Rante Bikers (Obrolan Santae Bersama Bikers) yang digelar produsen ban motor IRC Tire, Gajah Tunggal, di Semarang pada Minggu (7/4), dihadiri loyalis Yamaha R25 Owners Indonesia Chapter Semarang dan CBR250RR Owners Semarang. (Foto: Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jadi fans salah satu merek motor sah saja dilakukan, namun untuk urusan keselamatan berkendara seharusnya jangan sampai ada perbedaan. Selamat sampai tujuan adalah visi bersama, selama proses perjalanan motornya boleh apa saja.

Hal itu tercermin dalam acara Rante Bikers (Obrolan Santae Bersama Bikers) yang digelar produsen ban motor IRC Tire, Gajah Tunggal, di Semarang pada Minggu (7/4). Acara ini dihadiri sekitar 30 bikers yang berasal dari berbagai loyalis motor sport 250 cc, di antaranya Yamaha R25 Owners Indonesia Chapter Semarang dan CBR250RR Owners Semarang.

Konten inti acara yakni memberikan edukasi kepada para bikers soal ban. Komponen bundar berbahan karet ini merupakan perangkat penting motor yang pertama kali bersentuhan dengan aspal.



Loyalis CBR250RR dan R25 Akur Bincang Keselamatan BerkendaraPeluncuran motor Honda CBR250RR di Jakarta, Jumat, 3 Februari 2017. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Pihak IRC Tire mengatakan ban sering kali dijadikan kambing hitam penyebab kecelakaan. Ungkapan itu sering terjadi lantaran banyak faktor, misalnya minim pengetahuan soal ban atau salah penggunaan.

Diskusi pun digelar untuk menanggapi pertanyaan dari para bikers soal ban. Rata-rata bikers menanyakan soal aturan ukuran pemakaian ban, fungsi dan tipe ban, dan titik aman pemakaian ban. Salah satu respons yang diberikan terkait pilihan ban radial yang dikatakan cocok buat iklim tropis di Indonesia.

Ban radial merupakan salah satu jenis ban tubeless selain bias. Ban radial dirancang dengan konstruksi benang sejajar sedangkan bias mengotak seperti kawat nyamuk.

"Tentunya kami sangat antusias dengan acara ini karena jarang-jarang ada pabrikan ban yang mengedukasi kita. Dengan adanya hal ini kita lebih tahu tentang fungsi dari ban dan aturan-aturan pemakaian agar tetap safety saat kita pakai," kata Falih dari CBR250RR Owners Semarang.


Loyalis CBR250RR dan R25 Akur Bincang Keselamatan BerkendaraYamaha R25. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Dodiyanto selaku Senior Brand Executive & Product Development Gajah Tunggal mengatakan, "Tentunya dengan mengerti benar konsep dasar safety dari ban kita dapat mengetahui fungsi ban untuk menjadi fitur utama dalam keselamatan. Kali ini IRC Tire memberikan edukasi terkait keselamatan dan juga cara memilih ban yang tepat salah satunya ban radial".

Sebelum diskusi dimulai keakraban antar komunitas beda merek ini juga terangkat saat berkendara bareng (sunmori). Sebelum berangkat semua motor peserta mendapat pengecekan ban agar menunjang keamanan dan keselamatan tanpa dipungut biaya. (fea)