Royal Enfield Dirikan Pabrik di Thailand setelah India

ray, CNN Indonesia | Selasa, 26/03/2019 10:45 WIB
Royal Enfield Dirikan Pabrik di Thailand setelah India Deretan motor baru Royal Enfield untuk pasar roda dua Indonesia. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Royal Enfield mengumumkan akan memiliki fasilitas produksi di Thailand. Negeri gajah putih tersebut menjadi negara pertama di luar India yang memproduksi sepeda motor Royal Enfield.

Pabrik Royal Enfield di Thailand untuk menanggapi permintaan cukup besar di kawasan Asia Pasifik. Dikabarkan bahwa pabrik tersebut akan mulai beroperasi pada Juni 2019.

"Sejak kami memulai penjualan di Thailand tiga tahun lalu, kami benar-benar senang karena produk kami diterima konsumen di Thailand. Pelanggan kami di Thailand telah menemukan bahwa motor klasik modern menjadi penyempurna perjalanan dalam lalu lintas padat di kota," kata CEO Royal Enfield Siddhartha Lal mengutip Rushlane, Selasa (26/3).


"Keputusan kami untuk mulai merakit sepeda motor di Thailand adalah tanda komitmen jangka panjang Royal Enfield untuk tetap tumbuh," ucap Siddhartha Lal kemudian.

Royal Enfield Interceptor 650 dan Continental GT 650 diluncurkan di Thailand pada Desember tahun lalu. Kedua model tersebut telah dipesan konsumen lebih dari 700 unit di Thailand.

Royal Enfield memiliki sejarah panjang di dunia. Awalnya kendaraan roda dua ini diproduksi di Inggris dan digunakan sebagai armada British Force Motorcycle pada Perang Dunia I dan Pedang Dunia II.

RE mengalami jatuh bangun dalam kiprah berbisnis otomotif hingga akhirnya aktivitas produksi diambil alih pengusaha otomotif asal India dan kemudian Royal Enfield memiliki basis produksi di Chennai, India sejak 1970.

Memiliki desain yang sangat kental dengan sejarah perang, perusahaan memutuskan untuk mempertahankan model-model sepeda motor klasik dalam wujud baru, meski ada beberapa model yang menyesuaikan perkembangan zaman, di antaranya motor mesin dua silinder, yaitu Interceptor 650 dan Continental GT 650. (ryh/mik)


BACA JUGA