CATATAN DARI TURKI

Tips Memaksimalkan Hasil Foto dengan Kamera Ponsel

CNN Indonesia | Senin, 25/03/2019 00:56 WIB
Tips Memaksimalkan Hasil Foto dengan Kamera Ponsel Ilustrasi (CNN Indonesia/Agustiyanti)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perkembangan ponsel pintar (smartphone) saat ini tak sebatas pada kemampuannya sebagai alat komunikasi. Salah satu fitur yang berlomba diunggulkan para produsen ponsel saat ini adalah hasil jepretan kamera.

Beberapa pabrikan ponsel bahkan mengeluarkan smartphone dengan kemampuan dengan fitur-fitur yang menyerupai kamera profesional. Salah satunya Samsung yang baru-baru ini mengeluarkan ponsel flagship-nya, seri Galaxy S10.

Fotografer Tommy A. Siahaan menyebut foto dapat menjadi sebuah medium komunikasi untuk menceritakan sebuah momen lebih lengkap. Menurut Tommy, foto yang patut mendapat nilai sempurna adalah foto yang mampu tampil jujur dalam mengabadikan momen.


Ia pun membagikan sejumlah tips agar mampu menghasilkan foto yang bagus dengan ponsel.

1. Kenali setiap keunggulan lensa yang dimiliki ponsel dan tentukan hasil foto yang ingin di dapat. Apakah menggunakan lensa tele, wide, atau ultrawide, pilih berdasarkan cerita yang ingin disampaikan.

2. Memanfaatkan keunggulan (artificial intellegece) untuk memaksimalkan hasil foto. Ambil foto sesering mungkin agar device semakin pintar memberikan saran terbaik dalam mengambil gambar. Manfaatkan fitur yang dimiliki kamera, seperti kemampuan membuat efek bokeh, hingga mengatur komposisi gambar (smart composition).

3. Gunakan mode Pro untuk mengambil foto dalam segala macam kondisi cahaya. Mode Pro pada smartphone, salah satunya pada Galaxy S10 mampu digunakan untuk melakukan pengaturan ISO atau speed sesuai kehendak pengguna.

4. Memaksimalkan kemampuan diri dengan terus mengambil berbagai foto. Jangan takut hasil foto yang diambil tak bagus.

5. Tanggap dan berupaya untuk tidak melewatkan setiap moment. Manfaatkan akses cepat ke perangkat foto pada smartphone.

(agi/eks)