Chairul Tanjung Cerita 'The Me Generation' di Depan Hakim

CNN Indonesia | Rabu, 20/03/2019 19:27 WIB
Chairul Tanjung Cerita 'The Me Generation' di Depan Hakim Chairman CT Corp Chairul Tanjung. (Foto: CNN Indonesia/Artho Viando)
Jakarta, CNN Indonesia -- Chairman CT Corp Chairul Tanjung mengatakan kalangan 'The Me Generation',  generasi milenial dengan karakter yang tergantung pada ponsel cerdas sudah merambah Indonesia.

"Sekarang muncul The Me Generation dan Indonesia masuk ke generasi itu," kata Chairul di Hotel Mercure, Jakarta, Rabu (20/3). Hal itu disampaikan Chairul saat memberikan pidato di acara Hari Ulang Tahun ke-66 Ikatan Hakim Indonesia (Ikahi). 

Pengusaha itu juga mengatakan sebanyak 64 persen populasi pada 2020 akan didominasi oleh generasi Milenial dan post-milenial. "64 persen populasi Indonesia di 2020 didominasi generasi milenial dan post-milenial, karakter ini semuanya tergantung pada smartphone."


The Me Generation, kata dia, ditandai pelbagai perubahan di antaranya adalah teknologi.

"Teknologi itu sekarang sudah masuk dalam era revolusi 4.0 disebut dengan internet of things. Era internet of things ini perubahannya menuju sesuatu era yg disebut era autonomous robot," katanya.

Pada era ini, juga semua hal juga menyangkut big data sehingga berpengaruh pada gaya hidup.


"Dampak positifnya harga barang dan jasa menjadi murah, memulai usaha sekarang lebih mudah, akses informasi jadi tidak terbatas," katanya.

Dia menuturkan hal itu juga menyebabkan sebuah kemudahan tetapi juga menjadi tantangan khususnya untuk para hakim. Karena, potensi persaingan tidak sehat juga akan meningkat.

"Melihat hal seperti ini, tentu kita memerlukan undang-undang, peraturan dan institusi hukum yang harus beradaptasi dengan perubahan zaman yang ada," tutupnya. (sas/asa)


ARTIKEL TERKAIT