FOTO: Peneliti 'Live Streaming' dari Kedalaman Samudra Hindia

AP, CNN Indonesia | Jumat, 15/03/2019 09:00 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Peneliti melakukan 'live streaming' perdana dari kapal selam yang tengah menjelajah kedalaman Samudra Hindia, lautan misterius yang paling jarang diekplorasi.

Ini adalah kapal Ocean Zephyr yang membawa misi eksplorasi kapal selam bawah laut ketika mempersiapkan misi mereka di kepulauan Alphonse, di Seychelles, Afrika Timur, Sabtu (9/3)(AP Photo/Steve Barker)
Kapal ini menjadi induk dari misi tim peneliti Misi Nekton asal Inggris yang akan menjelajah Samudera Hindia. Mereka ingin mendokumentasikan perubahan di bawah laut dan pengaruhnya pada perubahan iklim. Tampak para peneliti tengah menyiapkan alat pengukur air, CTD. (AP Photo/David Keyton)
Para teknisi tengah mengecek kapal selam untuk dua penumpang yang di bawa oleh Ocean Zephyr. Samudra Hindia adalah lautan yang paling misterius di dunia lantaran jarang dieksplorasi. (AP Photo/David Keyton)
Kekhawatiran akan badai muson dan derasnya arus bawah laut menghantui selama dilakukannya penelitian yang dilakukan mulai Selasa (12/3), di lepas pantai Seychelles, Afrika Timur. Catatan arus laut di wilayah ini terakhir dicatat pada 1882. (AP Photo/David Keyton)
Kapal ini tidak hanya melakukan misi penelitian biasa, mereka juga menerjunkan kapal selam berisi dua orang yang akan melakukan videa live streaming perdana mereka dari bawah laut.  (AP Photo/David Keyton)
Streaming secara langsung pada kapal selam berawak ini merupakan adalah aksi pertama di dunia. Sebab, sulit untuk mentransmisikan video di bawah laut. (AP Photo/David Keyton)
Alih-alih menggunakan kabel, streaming video siaran langsung bawah laut ini dilakukan dengan teknik transmisi optik. Gambar dikirim secara optik menggunakan gelombang elektromagnetik. Teknologi ini diharapkan bisa mengirim gambar dari kedalaman 300 meter.(Nekton via AP)
Sebelumnya, transmisi video secara real time dari laut terdalam dunia disiarkan secara langsung dari kapal selam tak berawak secara remote menggunakan kabel serat optik ( fixed fiber optic). (Nekton via AP)
Namun, perayaan kesuksesan siaran tersebut tak berlangsung lama akibat kabel putus secara misterius yang menyebabkan ROV jatuh ke dasar laut. Padahal ROV adalah peralatan pengambil gambar yang penting yang bisa mengeksplorasi lebih dalam dari kapal selam berawak. (Nekton via AP)  
Kepala Survey Chief Mike Pownall menjelaskan hasil pemetaan dasar laut menggunakan sonar multi arah dari hasil penjelajahan yang dilakukan Selasa (11/3). (AP Photo/David Keyton)
Para peneliti berhasil mengumpulkan zooplankton dari hasil pengetesan pertama mereka di Alphonse, Seychelles, (AP Photo/Steve Barker)


ARTIKEL TERKAIT