Mudahkan Pesanan Pengguna, Grab Uji Fitur Pesanan Instan

CNN Indonesia | Rabu, 27/02/2019 18:01 WIB
Mudahkan Pesanan Pengguna, Grab Uji Fitur Pesanan Instan Ilustrasi (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Grab menawarkan fitur pemesanan instan yang mempermudah pemesanan transportasi online. Fitur baru ini akan tampil ketika pengguna menggeser kotak menu yang ditempatkan dipaling atas aplikasi. Kotak menu yang biasa berisi saldo Ovo itu akan berganti menjadi tawaran rute yang biasa digunakan dari lokasi pengguna berada saat ini.

Fitur ini memudahkan pengguna untuk melakukan pesanan transportasi online tanpa harus memilih lokasi awal dan tujuan. Saran rute diambil dari kebiasaan pemesanan pengguna.

Fitur ini baru tersedia pada beberapa pengguna iOS dan Android. Sebab, ketika dicek tidak semua pengguna versi aplikasi Grab teranyar (15.3.3) di Android sudah mendapatkan fitur ini. Tidak semua pengguna iOS juga yang sudah mendapatkan pembaruan fitur tersebut.


Saat kotak menu berisi saldo Ovo digeser akan muncul perkiraan tujuan pengguna, sehingga pengguna tak perlu lagi melakukan pesanan secara manual. (Screenshoot via Grab)
Saat menu saldo OVO digeser akan ada kotak menu lain yang langsung menunjukan lokasi penjemputan, tujuan perjalanan, serta tombol untuk melakukan pemesanan. Jika pengguna menekan untuk memesan, pengguna akan langsung dibawa ke laman pencarian pengemudi tanpa harus memilih lokasi awal dan tujuan lagi.

Berdasarkan keterangan Dewi Nuraini, Public Relation Manager GrabBike dan GrabExpress, fitur ini memang didesain untuk memesan layanan secara cepat berdasarkan kebiasaan yang sering dilakukan pengguna.

"Itu memang fitur personalisasi lokasi penjemputan dan tujuan yang akan dapat dilengkapi secara otomatis berdasarkan tempat-tempat favorit, atau kebiasaan pengguna saat menggunakan layanan Grab. (prediksi berdasarkan kebiasaan pengguna) Lokasi yang diutamakan pengguna akan diurutkan berdasarkan hari, waktu, dan lokasi. Memungkinkan pengguna untuk memesan kendaraan dengan cepat," jelasnya ketika dihubungi CNNIndonesia beberapa waktu lalu.

Saat ini, tidak semua versi aplikasi Grab dilengkapi dengan fitur ini dan belum ada pengumuman kapan fitur pemesanan cepat ini akan dirilis untuk semua versi aplikasi perangkat. (lea/eks)