Kenali Sosok Capres dan Anggota Dewan Lewat Pintarmemilih.id

CNN Indonesia | Rabu, 20/02/2019 14:33 WIB
Kenali Sosok Capres dan Anggota Dewan Lewat Pintarmemilih.id Tampilan situs pintarmemilih.id (Foto: pintarmemilih.id)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) meluncurkan situs pintarmemilih.id untuk memberikan informasi secara lengkap kepada para pemilih pada Pemilu 2019 tanggal 17 April mendatang baik Pileg maupun Pilpres.

Platform ini merupakan hasil kerja sama antara Perludem, KPU, Bawaslu, Google Indonesia, Cek Fakta, rumahpemilu.org dan Kok Bisa.

"Pintar Memilih itu dibikin untuk pemilih supaya bisa datang ke TPS dengan informasi yang memadai," ujar Peneliti Perludem, Mahardika saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (20/2).


Lebih lanjut kata Mahardika, di dalam situs pintarmemilih.id terdapat fitur 'Calon' yang dapat memudahkan pemilih melihat profil dua pasangan calon presiden dan wakil presiden serta calon legislatif.

"Di Pintar Memilih, kita bisa masukin kota di pilihan calon legislatif supaya kita mengetahui di dapil mana kita terdaftar untuk DPR maupun DPRD Provinsi dan Kab/Kota," kata dia.

Setelah pemilih mendapatkan informasi terkait daftar pemilihan (dapil), lalu akan diarahkan ke daftar caleg yang sesuai dengan dapilnya tersebut. 

Pemilih akan mendapatkan detail informasi seperti nama, partai, dapil, nomor urut, gelar akademis, tempat lahir, usia, jenis kelamin hingga status khusus misal terpidana/mantan terpidana/bukan mantan terpidana.

"Ada juga dokumen yang bisa diunduh misal curiculum vitae (cv), dokumen-dokumen yang bisa diunduh itu sebetulnya kita kasih source link ke situs resmi KPU RI," tutur Mahardika.

Pintar Memilih juga menyediakan fitur pengecekan fakta pemilu yang terhubung dengan cekfakta.com, kerja sama terkait pengecekan fakta ini dibangun API Yudistira oleh Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) dan bekerja sama dengan beberapa media online yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI).

Selain itu, Pintar Memilih juga sedang mengembangkan fitur untuk mengecek lokasi TPS. Sehingga, pemilih dimudahkan untuk memberikan suaranya pada pemungutan suara 17 April mendatang. Fitur itu juga akan dilengkapi peta serta informasi kerawanan yang bersumber dari Indeks Kerawanan Pemilu 2019 milik Bawaslu.

Perludem sendiri juga sedang merencanakan untuk mengadakan sosialisasi ke beberapa universitas demi mengenalkan situs pintarmemilih.id ini.

"Rencananya kami mau ke kampus-kampus, karena kami berpikir ini lebih rama buat anak muda. Tujuannya supaya mereka tahu kalau pemilu kali ini kompleks, tak hanya pilpres tetapi di hari yang sama mereka harus memilih caleg," tutup Mahardika. (din/evn)