Toyota Hiace 2019 Belum Tentu Masuk Indonesia

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 18/02/2019 18:45 WIB
Toyota Hiace 2019 Belum Tentu Masuk Indonesia Toyota Hiace generasi kelima yang dijual di Indonesia. (Foto: Dok. Toyota Astra Motor)
Jakarta, CNN Indonesia -- Agen Pemegang Merek Toyota di Indonesia, Toyota Astra Motor (TAM), belum dapat memastikan bakal meluncurkan Hiace dengan desain terbaru yang berbagai gambar bocorannya sudah menyebar di internet.

Dari gambar yang beredar, Hiace dengan wajah baru terlihat sedang 'digendong' di atas truk di Jepang. Generasi keenam Hiace tampil lebih modern, apalagi jika dibandingkan dengan model yang dijual di dalam negeri saat ini.

Eksterior Hiace 2019 kelihatan bernuansa elegan dan mewah dengan perubahan pada bemper, gril, dan lampunya. Sekilas Hiace terbaru bergaya mobil premium Toyota, Voxy dan Alphard.


Dari penampakannya diketahui salah satu perubahan terbesar pada desain baru Hiace yaitu relokasi mesin dari di bawah jok penumpang pada generasi saat ini menjadi di depan atau tepatnya di bawah kap mesin (semi bonnet).

Selain itu, Toyota juga disebut menyiapkan varian mewah Hiace bernama "Regius" yang akan ditempatkan di antara varian standar dan Alphard.

Foto-foto juga memperlihatkan desain pelek Hiace punya dua warna, meski begitu ada juga opsi pelek kaleng buat varian bawah.

Mengutip Indianautosblog, produksi Hiace 2019 sudah dilakukan dan stok unit telah disiapkan, peluncuran serta distribusi ke konsumen dikatakan akan dilakukan dalam waktu dekat di Jepang.

Di Indonesia, Hiace merupakan salah satu mobil komersial yang ditawarkan TAM selain Hilux dan Dyna. Hiace yang saat ini dijual dibekali mesin 2.494 cc dengan kemampuan 100,6 tenaga kuda pada 3.600 rpm dan torsi 259,8 Nm pada 1.600 - 2.400 rpm.


Toyota Hiace 2019 Belum Tentu Masuk IndonesiaToyota Hiace generasi kelima yang dijual di Indonesia. (Foto: Dok. Toyota Astra Motor)
Hiace yang kebanyakan ditujukan buat fleet dan bisnis pariwisata ditawarkan dalam tiga varian, yakni standar Rp439,75 juta, Commuter Manual Rp474,85 juta, dan Commuter Manual Luxury Rp677,65 juta.

Menurut Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, tidak selalu mobil yang dijual di luar negeri bisa lantas cocok buat dipasarkan di Indonesia. Dia mengatakan demikian setelah ditanya soal peluang Hiace 2019 dijual di dalam negeri.

"Jawaban saya tetap sama seperti waktu ditanya Avanza Malaysia, Yaris atau Vios di Thailand. Tidak semua mobil diperkenalkan di luar Indonesia akan masuk ke Indonesia," kata Soerjopranoto ketika dihubungi, Senin (18/2).

Alih-alih membahas Hiace, pria yang karib disapa Soerjo itu meminta semua pihak menunggu pergerakan TAM selanjutnya. Menurutnya masih banyak kejutan yang akan diberikan melalui produk baru.

"Nanti lihat model Toyota yang lain juga mau meluncur di Indonesia," kata Soerjo. (ryh/fea)