Ban Suzuki Jimny Terangkat Saat Diuji Zig-zag

Febri Ardani, CNN Indonesia | Senin, 18/02/2019 12:47 WIB
Ban Suzuki Jimny Terangkat Saat Diuji Zig-zag Suzuki Jimny 2019. (Foto: Courtesy of Suzuki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Generasi terbaru Suzuki Jimny merupakan sensasi otomotif global di internet sejak tahun lalu dan dinanti meluncur di Indonesia. Seiring semakin banyak keberadaannya di dunia satu per satu pengetesan dilakukan, salah satunya tentang tantangan zig-zag dan SUV kotak ini mendapatkan hasil yang tidak begitu baik.

Pengujian itu dilakukan oleh km77.com yang kerap melakukan pengetesan kendaraan secara mendalam. Performa ujian zig-zag atau dikenal dengan nama moose test karena diibaratkan situasi menghindar dadakan dari rusa atau rintangan lainnya di jalanan, diabadikan lewat video.

Jadi setidaknya kita semua bisa menilai berdasarkan visual bukan melalui 'perasaan' tester.


Dari video bisa terlihat, sistem kontrol traksi ban pada Jimny sangat bekerja keras menghindari mobil terguling. Saat membelok cepat salah satu ban sempat terangkat ke udara.

Autoevolution menjelaskan tester mengungkap dua masalah signifikan pada Jimny. Pertama steering rack pada kemudi terlalu panjang jadi pengemudi tidak bisa merespons cepat pada uji zig-zag.

Kedua, traksi ban kurang baik, ditambah lagi suspensi yang lembut dan bodi kurus. Hasilnya, Jimny punya kecenderungan understeer, bahkan pada kecepatan rendah.

Ujian pertama dilakukan pada kecepatan 76 km per jam. Jimny terlihat menabrak beberapa pembatas kerucut saat berusaha tetap di rute. Kejadian serupa terulang pada kecepatan 71 km per jam dan 72 km per jam.

Dijelaskan ujian zig-zag bisa sukses dilakukan, tanpa menjatuhkan kerucut, pada kecepatan 68 km per jam. Dikatakan kecepatan itu sangat rendah buat ujian seperti ini.

Tester juga melakukan ujian lain, yaitu slalom. Pada ujian ini dikatakan Jimny tidak bisa mengatasi perpindahan arah dengan cepat karena bodi merespons lambat setiap kali membelok.

Pada September 2018, Euro NCAP merilis bahwa Jimny hanya mendapatkan rating 3 bintang pada uji tabrak. Jimny mendapatkan hasil 73 persen perlindungan penumpang dewasa, 84 persen perlindungan anak kecil, dan 52 persen soal fitur bantuan keselamatan mengemudi.

Sejak Jimny dipamerkan di Indonesia pada Agustus 2018, Suzuki Indonesia menyatakan mempertimbangkan, bukan hanya meluncurkan tetapi juga memproduksi Jimny di dalam negeri.

Lihat videonya sebagai berikut.

[Gambas:Youtube] (fea)