Komunitas Otomotif

JMC 'Touring' Singkat Sambangi Kaki Gunung Salak

ray, CNN Indonesia | Jumat, 15/02/2019 15:56 WIB
JMC 'Touring' Singkat Sambangi Kaki Gunung Salak Perjalanan Journalist Max Community dari Jakarta ke Kaki Gunung Salak, Bogor pada Sabtu (9/2). (Foto: Journalist Max Community)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kesibukan aktivitas sehari-hari kerap membuat orang lupa meluangkan waktu untuk menghibur diri di akhir pekan. Ini yang tak ingn terjadi pada Journalist Max Community (JMC) yang anggotanya berprofesi sebagai jurnalis.

JMC punya cara sendiri menghabiskan waktu di akhir pekan. Pengguna skuter matik Yamaha ini mengadakan touring singkat dari Jakarta menuju kaki Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat selama dua hari (9-10/2).

Kegiatan dimulai dari Wisma Achilles yang berlokasi di bilangan Kedoya, Jakarta Barat. Tak kurang jarak 60 km harus ditempuh puluhan anggota komunitas tersebut untuk menuju lokasi.


Kondisi lintasan Jakarta menuju Bogor diisi medan beragam, tapi sebagian besar jalur memang kerap digunakan pemotor sehari-hari.

Selain jalan aspal mulus touring juga melalui sebagian aspal rusak, jalanan berbatu, dan medan menanjak menuju kaki Gunung Salak. Ini jadi menu yang harus dilewati pada pengujian awal dari JMC.

Sesampainya di sana, member JMC disuguhkan keindahan alam sekitar. Gunung Salak terkenal dengan panorama curug atau air terjun, jelas tak lengkap rasanya jika tidak menyambangi curug. Anggota pun sempat berkunjung ke Curug Nangka yang letaknya tak jauh dari area parkir kendaraan, sekitar 400 meter.

Journalist Max Community.Puluhan anggota Journalist Max Community bergerak beriringan. (Foto: Journalist Max Community)
Rombongan menginap satu hari di sekitar kaki Gunung Salak setelah melepas letih akibat aktivitas fisik yang melelahkan. Esok hari, rombongan bertolak menuju Jakarta yang menghabiskan jarak tempuh sekitar 135 kilometer (km) (pergi-pulang).

Touring ratusan kilometer ini sekaligus menjajal ban Corsa M5 yang menjadi kompetitor ban Aspira Premio dan Pirelli Angle Scooter yang notabenenya sama-sama produk aftermarket.

"Ban merupakan salah satu komponen penting yang ada pada motor. Jadi perjalanan ini bisa sekaligus pembuktian," kata Sekretaris Jenderal JMC, Ikhsan mengutip keterangan resminya, Jumat (15/2).

Pada kesempatan yang sama, Ikhsan menjelaskan bahwa JMC merupakan komunitas yang terdiri dari pewarta nasional yang menggunakan Yamaha Max Series (Nmax, Xmax dan Tmax).

Misi awal komunitas hanya ingin menjadi wadah silaturahmi antar para jurnalis otomotif sesama pengguna motor NMax. Komunitas ini terbentuk pada 26 Maret 2016.

"Awal terbentuk, kami memakai nama JNC atau Journalist NMax Community. Karena memang saat itu semua masih menggunakan motor Yamaha Nmax. Seiring hadirnya keluarga Max Series lainnya, kami sepakat mengganti nama menjadi JMC agar bisa mewadahi teman-teman jurnalis pengguna model Yamaha seperti Nmax, Xmax dan Tmax," tutupnya. (ryh/mik)


BACA JUGA