Instagram Bantah Hapus Akun Komik Muslim Gay

CNN Indonesia | Kamis, 14/02/2019 19:30 WIB
Instagram Bantah Hapus Akun Komik Muslim Gay Ilustrasi instagram. (Foto: CNN Indonesia/Harvey Darian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Instagram membantah telah menghapus akun @alpantuni yang berisi konten LGBT terkait seorang muslim yang gay.

"Instagram tidak menghapus akun tersebut," ujar Juru Bicara Instagram kepada CNNIndonesia.com, Kamis (14/2).

Pihak Instagram beralasan ada beberapa faktor yang menyebabkan pengguna tidak bisa mengakses akun Instagram miliknya.


"Contohnya, jika pemegang akun menghapus akun mereka, menonaktifkan akun mereka, atau mengubah nama akun Instagram mereka," tuturnya.


Namun secara terpisah, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan telah menghubungi pihak Instagram untuk memblokir akun @alpantuni.

"Kominfo sudah menghubungi Instagram sejak Minggu lalu. Kami sudah menghubungi beberapa kali. Saya cek sudah Alpatuni-nya ada kontennya tidak ada," jelas Rudiantara, Rabu (13/2).

Selain itu, permintaan untuk memblokir akun @alpantuni sudah berkali-kali ia layangkan kepada pihak Instagram.

Akun @alpantuni menuai perdebatan akibat deskripsi akun itu tertulis 'Gay Muslim Comics' dan memuat konten cerita komik tentang seorang muslim yang gay.

Menurut pasal 27 ayat 1 UU ITE menyatakan setiap orang dilarang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membbuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.

Sementara dari pedoman Instagram, memang tak mencantumkan larangan mengenai penyebaran konten LGBT walaupun di dalamnya tetap melarang penawaran jasa seksual dan konten keasusilaan (din/asa)