Kenali Jajaran Robot Penjelajah Mars

CNN Indonesia | Jumat, 15/02/2019 05:40 WIB
Kenali Jajaran Robot Penjelajah Mars Rover Curiosity saat mengeksplorasi permukaan Mars. (Foto: NASA/JPL-Caltech/MSSS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lembaga Luar Angkasa Amerika Serikat (NASA) sejauh ini mengirim serangkaian misi eksplorasi Mars. Misi yang melibatkan robot penjelajah dilakukan sejak 1975 lewat proyek Misi Viking.

Eksplorasi Mars berlanjut pada tahun 1996 lewat misi Mars Pathfinder dengan mengirim rover Sojourner. Sojourner mendarat untuk pertama kalinya di permukaan Mars tepat satu tahun setelah diluncurkan.

NASA melanjutkan misi eksplorasi dengan mengirimkan rover Curiosity. Mengutip situs resmi NASA, berikut serangkaian robot penjelajah yang sudah dikirimkan ke Mars.


Viking 1 dan Viking 2
Misi Viking NASA meluncurkan Viking 1 dan Viking 2 pada 20 Agustus 1975 untuk menjelajah permukaan Mars. Mengutip situs JPL NASA, Viking 1 menjadi wahana antariksa pertama yang berhasil mendarat di Mars pada 19 Juni 1976 dan melakukan misinya.

Sementara pada 9 September 1975 sepasang lander dan orbiter bernama Viking 2 kembali dikirim NASA. Lewat misi ini, NASA melakukan tiga eksperimen biologi dengan mencari tanda kehidupan di Mars.

Sojourner
Sojourner merupakan rover yang pertama kali dirancang NASA untuk misi Mars Pathfinder untuk eksplorasi ke planet Mars. Rover berbentuk serupa microwave ini diluncurkan pada 1996 dan menyentuh permukaan Mars pada 1997.

Misi perdana ini menggunakan menggunakan metode inovatif untuk langsung memasuki atmosfer Mars, dibantu dengan sebuah parasut guna memperlambat pendaratan hingga menembus atmosfer Mars yang tipis dan sistem airbag raksasa untuk meredam benturan saat mendarat. Rover berbobot 10,4 kg ini mendarat di Ares Vallis yang nampak seperti situs banjir kuno.

Spirit
Mars Exploration Rover (MER) Spirit diluncurkan pada 10 Juni 2003 dan mendarat di Mars pada 4 Januari 2004. Spirit mengemban misi mencari tanda-tanda kehidupan Mars di masa lalu.

Rover ini berhasil selamat setelah terjebak di tanah lembut Mars pada Mei 2009. NASA memutuskan untuk mengakhiri upaya penyelamatan Spirit dan mengumumkan misinya rampung pada 25 Mei 2011.

Opportunity
Rover Opportunity kerap disebut sebagai 'kembaran' Spirit karena diluncurkan di tahun yang sama. Seperti Spirit, Opportunity juga mengemban misi mencari tanda-tanda kehidupan Mars di masa lalu.

Berbeda dengan Spirit, Opportunity memiliki masa hidup lebih panjang yakni hingga 15 tahun hingga dinyatakan mati pada 14 Februari 2018. Rover ini awalnya hanya dirancang untuk menjelajah Mars selama 90 hari.

Kenali Robot Penjelajah Mars Selain OpportunityRover Opportunity. (Foto: Courtesy NASA/JPL-Caltech/Cornell University/Arizona State University/Handout via REUTERS)

Curiosity
NASA kembali meluncurkan misi pada 26 November 2011 dengan mengirim rover Curiosity dan mendarat pada 6 Austus 2012. Curiosity disebut sebagai rover paling ambisius dengan bobot terbesar yang memiliki misi utama mengetahui kemungkinan Mars cocok dihuni seumur hidup.

Salah satu pencapaian besar Curiosity pada 2014 berhasil mengidentifikasi definitif organik pertama di Mars. Di balik kehebatannya, rover ini pernah mengalami sejumlah kendala setelah mendiami Mars selama enam bulan.

[Gambas:Video CNN] (din/evn)