Uji Produk

Oppo R17 Pro, Performa Hingga Kamera Mumpuni si 'Jago Malam'

evn, CNN Indonesia | Selasa, 12/02/2019 16:40 WIB
Oppo R17 Pro. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Membuka tahun 2019, Oppo membuat kejutan dengan kemunculan ponsel R17 Pro yang 'tak sekedar selfie'.  Meskipun bukan ponsel flagship, Oppo R17 Pro seakan menjadi bukti keseriusan perusahaan dalam menyematkan beragam teknologi canggih yang tidak melulu mengandalkan kamera depan.

Hanya bedanya, R17 Pro tak mengusung konsep kamera belakang 'tersembunyi. Namun bukan berarti sejumlah keunggulan tak dibenamkan di dalamnya.

CNNIndonesia.com berkesempatan menjajal Oppo R17 Pro selama dua pekan. Sejauh mana performanya?


Desain impresif

Gradasi warna biru-ungu menjadi bagian paling mencuri perhatian dari Oppo R17 Pro. Paduan warna ini mengingatkan pada Huawei P20 Pro yang juga mengusung paduan warna yang sama.

Selain memikat mata, bagian belakang ponsel juga menggunakan material paduan kaca dan metal. Jika dilihat sepintas terlihat seperti plastik. Namun sampai Anda mengetukkan ujung jari atau lipatan jari, baru disadari kalau ini bukanlah plastik.

Jika umumnya penggunaan metal membuat ponsel terasa berat saat digenggam, namun tidak demikian dengan ponsel yang dibanderol Rp10 juta. Ponsel ini tetap terasa nyaman saat digenggam lama, meski terasa licin dan rawan tergores. Beruntung Oppo menyertakan jelly case untuk mensiasati agar tak terasa licin saat dipakai sehari-hari.

Oppo R17 Pro, Hasil Foto Kurang Mengesankan si Jago Low LightIsi kotak penjualan Oppo R17 Pro. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Di bagian tengah atas terdapat tiga buah kamera dan sebuah lampu flash yang tersusun dengan apik. Selebihnya, Oppo membiarkan bagian belakang ponsel ini tampak bersih meski tetap menjadi pencuri perhatian.

Beralih ke bagian depan, R17 Pro dibekali layar 6,4 inci Amoled masih mengikuti arus berupa kehadiran 'notch' tetesan embun yang menyimpan sensor kamera depan. Rasio layar 19,5:9 dengan resolusi 2340x1080 piksel dengan komposisi 91,5 persen layar membuat tampilan terasa penuh. Layar tampak bersih dengan kontras yang tak membuat mata cepat lelah.

Di sisi kanan tengah terdapat tombol power yang dan tombol volume di sisi kiri. Penempatan tombol di bagian tengah kedua sisi tak dipungkiri membuatnya lebih mudah diakses ketimbang berada di atas.

Oppo R17 Pro, Hasil Foto Kurang Mengesankan si Jagoan MalamFoto: CNN Indonesia/Safir Makki

Di bagian bawah terdapat dua buah speaker yang mengapit port USB-C yang berfungsi sebagai pengisi daya sekaligus konektor earphone. Tren satu port yang memiliki fungsi ganda cukup membuat kesulitan saat hendak mencolokkan earphone bawaan untuk streaming musik atau film. Oppo tidak memastikan kemungkinan adanya aksesoris tambahan untuk menghubungkan USB-C dengan port audio 3,5mm.

Tepat di samping speaker kanan terdapat sebuah 'laci' nano-SIM. Oppo tak menyediakan ruang penyimpanan eksternal untuk ponsel flagship-nya ini.

Hanya saja, CNNIndonesia.com merasa antarmuka R17 Pro terlalu biasa saja--tak sebanding dengan banderol harga dan keseluruhan desainnya. Oppo butuh waktu untuk membuat antarmuka yang bisa mencerminkan sebuah ponsel premium. (evn)
1 dari 3