Cara Oppo Hilangkan Stigma Smartphone China

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Sabtu, 02/02/2019 17:23 WIB
Cara Oppo Hilangkan Stigma Smartphone China Foto: detikINET/Kris Fathoni
Jakarta, CNN Indonesia -- Produk asal China kerap dihantui oleh stigma keraguan akan kualitasnya. Hal itu pula yang disadari oleh salah satu produsen smartphone asal Negeri Tirai Bambu tersebut, yakni OPPO.

Perusahaan menilai stigma produk China yang ada saat ini tidak terlepas dari ulah pabrikan motor asal China yang menjual produknya seakan meniru produk lain. Karena hal itu, industri smartphone pun ikut terdampak.

"Ketika (OPPO) masuk ke Asia itu yang terjadi adalah stigma negatif China dibangun oleh teman-teman dari brand motor. Brand motor itu kan luar biasa copy-paste, terus juga sparepart-nya ya begitu, itu berefek ke smartphone," tutur PR Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto saat berbincang beberapa waktu lalu.



"Smartphone juga banyak kan, ya itu mungkin salah karena pemain lokal ya. Seperti orang-orang lokal itu beli handphone pesan dari sana (China), gak laku, ah ganti merk besoknya. Akhirnya stigmanya enggak bakal lama, segala macam," katanya.

Untuk mengubah pandangan tersebut, OPPO memiliki cara tersendiri. Aryo mengungkap pihaknya berupaya untuk menunjukkan kualitas produknya lewat smartphone premium.

"Untuk mengubah stigma itu caranya pakai perangkat premium," kata dia.


Saat ini OPPO telah meluncurkan smartphone kategori premium yaitu OPPO R17 Pro. Sebelumnya OPPO juga telah memiliki seri Find X yang menonjolkan teknologi kamera bermekanisme pop-up

Aryo juga mengatakan bahwa saat ini OPPO ingin lebih banyak dikenal lewat inovasi dan teknologinya. Untuk itu OPPO rela menggelontorkan dana senilai Rp 20 triliun agar bisa membawa kecanggihan lainnya pada produknya. (prf)


BACA JUGA