Samsung Siapkan Ponsel dengan Memori 1TB

eks, CNN Indonesia | Kamis, 31/01/2019 19:19 WIB
Samsung Siapkan Ponsel dengan Memori 1TB ilustrasi (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Samsung mengumumkan akan mengeluarkan ponsel dengan kapasitas penyimpanan 1 terabyte (TB). Kapasitas penyimpanan Universal Flash Storage (eUFS) pada ponselnya ini naik dua kali lipat dari generasi Galaxy Note 9 yang punya penyimpanan 512 GB.

Samsung menyebut inisiatifnya ini adalah yang pertama di industri. Dengan kapasitas penyimpanan sebesar ini, Samsung menyebut ponsel-ponsel mereka berikutnya bakal terasa seperti menggunakan notebook.

"(Kami) berharap memainkan peran penting untuk memberikan pengalaman pengguna seperti (menggunakan) notebook pada perangkat mobile generasi berikutnya," jelas VP Samsung Cheol Choi, seperti dikutip The Verge


Memori sebesar 1 TB bisa menyimpan 260 video dengan resolusi 4K dengan durasi 10 menit. Sementara perusahaan lain juga mengklaim kalau ponsel dengan penyimpanan flash 64GB bisa menyimpan 13 video dengan ukuran yang sama. Samsung juga menjanjikan kecepatan transfer data yang lebih gegas. Kecepatan transfer data eUFS sekitar 1000 megabyte per detik, 10 kali lipat dari kartu microSD UFS).

Para pemanufaktur ponsel mencari celah untuk memenangi kompetisi pasar smartphone yang mulai jenuh. Sebelumnya mereka berlomba menawarkan ponsel yang lebih ramping, kamera yang makin canggih. Kini Samsung coba menawarkan perangkat dengan kapasitas besar, sehingga pengguna leluasa menyimpan foto-foto tajam mereka dan rekaman video 4K.

Kabar yang beredar menyebut kalau Samsung Galaxy S10 akan jadi ponsel pertama yang memiliki penyimpanan 1TB. Rumor lain menyebut ponsel ini akan memiliki empat kamera di bagian belakang dan kamera ganda di depan.

Samsung juga berencana untuk menambah fasilitas produksinya pada paruh pertama 2019. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi membeludaknya permintaan penyimpanan 1TB eUFS dari para produsen ponsel di seluruh dunia, seperti ditulis CNet. (eks)