Mitsubishi Usul Xpander 1.300 Cc Buat Tantang Avanza

CNN Indonesia | Sabtu, 26/01/2019 17:49 WIB
Mitsubishi Usul Xpander 1.300 Cc Buat Tantang Avanza Mitsubishi Xpander. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mitsubishi Indonesia berniat menambah varian baru Xpander bermesin 1.300 cc. Tambahan opsi tersebut diyakini Mitsubishi dapat mengerek penjualan Xpander hingga mampu mengalahkan rivalnya, Toyota Avanza yang ditawarkan mesin 1.500 cc dan 1.300 cc.

Kepala Grup Penjualan dan Pemasaran Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Imam Choeru Cahya mengatakan pihaknya sudah menyampaikan ide tersebut kepada prinsipal.

"Kami sih menginformasikan ke prinsipal mengenai kondisi pasar yang ada. Dan dari MMC (Mitsubishi Motors Corporation) juga sering turun ke bawah untuk mendengar langsung permintaan seperti apa," kata Imam di BSD, Tangerang, Jumat (25/1).


Imam menyampaikan pilihan mesin lebih kecil perlu buat mendongkrak penjualan Xpander. Hal tersebut berkaca pada penjualan Avanza sebanyak 82.167 unit pada 2018 yang mayoritas 1.300cc.

Sementara itu sepanjang 2018, Xpander terjual 75.075 unit hanya dari satu pilihan mesin, 1.500 cc.

"Kami juga sadar 1.3 ini paling banyak dikonsumsi oleh fleet konsumen. Nah ini cukup banyak dan sudah terdengar oleh prinsipal. Tapi ga tau, masih study," ungkap Imam.

Imam menuturkan dari ide yang sudah disampaikan tersebut, prinsipal hingga kini belum menentukan pilihan. Menurut dia hal tersebut tentu harus dipikirkan matang-matang, mengingat Xpander sudah jadi produk global.

"Respon (prinsipal) masih belum. Peluang ada, tapi tetap yang menentukan prinsipal. Yang jelas kami udah melaporkan, mungkin mereka punya pertimbangan lain, karena Xpander ini global produk," kata Imam.

Sembari menunggu keputusan mesin baru untuk Xpander, pihaknya kini fokus menggarap konsumen 'kasta atas' pada kelas Low Multi Purpose Vehicle (MPV) di Tanah Air.

"Kami masih konsentrasi bagaimana menggarap konsumen 1.5 ini. Walau kami ke fleet, ini segmennya bukan yang low grade, tapi ke medium MPV," ujarnya.

Raja Low MPV 1.500 cc

Kendati kalah keseluruhan dari Avanza, Imam mengatakan Mitsubishi bangga sebab Xpander merupakan mobil 1.500 cc terlaris di Indonesia.

"Kami (pangsa pasar Low MPV) 1.5 hampir 45 persen. Nah kalau dihitung Avanza dan Xenia, mereka itu dihitung punya mesin 1.3 dan 1.5. Nah kue paling banyak dari Toyota ini 1.3. Dan kami tidak punya itu," kata Imam.

Buat tahun ini, Imam mengungkap pihaknya bakal memberi kejutan melalui penyegaran Xpander. Meski begitu belum ada informasi detail yang dibeberkan. (ryh/fea)