Spotify Bakal Rilis Fitur Blokir Artis

CNN Indonesia | Rabu, 23/01/2019 06:10 WIB
Spotify Bakal Rilis Fitur Blokir Artis Ilustrasi (CNN Indonesia/Susetyo Dwi Prihadi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Spotify tengah menyiapkan fitur untuk membungkam lagu dari artis tertentu yang tak ingin didengar pengguna. Jadi, ketika ada artis yang tidak disuka, pengguna tak perlu repot melewatkan lagu itu secara manual.

Saat ini, fitur "don't play this artist" tengah dites di aplikasi iOS dan akan segera diluncurkan. Fitur ini sepertinya belum diuji untuk perangkat webdesktop, dan aplikasi Android. Jika diblokir, maka lagu dari artis tertentu tidak akan muncul di seluruh daftar lagu. Lagu itu tidak muncul di perpustakaan lagu, daftar lagu, bahkan lagu yang dimainkan stasiun radio di Spotify.

Bahkan pengguna tidak bisa memainkan memainkan musik artis ini ketika memilihnya secara manual. Pengguna harus membuka blokir terhadap artis itu jika ingin mendengarkan lagu tertentu dari mereka.


Fitur anyar ini nantinya bsia ditemukan dari menu "..." di halaman artis yang akan diblokir. Lalu pilih "Don't play this artist" (jangan mainkan artis ini) untuk berhenti mamainkan musik dari artis tertentu.

Fitur ini tidak berlaku pada track yang memang mempromosikan artis tersebut. Fitur ini disebut-sebut sebagai fitur yang sangat dinantikan pengguna, seperti dilaporkan Thurrot yang melihat fitur 'mute artist' ini pertama kali. 

Spotify awalnya memutuskan untuk membatalkan fitur ini setelah melalui pertimbangan serius pada 2017. Sekarang sepertinya Spotify mempertimbangkan ulang keputusan itu.

Fitur ini dihadirkan Spotify setelah perusahaan itu menerima sejumlah tekanan akibat kasus R. Kelly. Baru-baru publik mengecam penyanyi itu setelah sebuah dokumen yang menuduh R. Kelly melakukan pelecehan seksual muncul ke publik. Gerakan protes #MuteRKelly telah membuat kasus ini menjadi perhatian publik.

RCA Records juga dilaporkan telah mengeluarkan R. Kelly dari label mereka. Sebelumnya Spotify telah menyingkirkan nama R. Kelly dari daftar putar (playlist) yang mereka kurasi. Tapi langkah ini dinilai kurang memberi dampak sebab musik dari penyanyi ini masih bisa distreaming di layanan itu.

Dengan adanya fitur ini, Spotify menyerahkan keputusan untuk memblokir artis tertentu kepada pengguna, seperti dilaporkan The Verge. (eks/eks)