Jailbreak Mifi Bolt, Pelanggan Bisa Pakai Operator Lain

CNN Indonesia | Senin, 31/12/2018 19:24 WIB
Jailbreak Mifi Bolt, Pelanggan Bisa Pakai Operator Lain Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelanggan Bolt tidak perlu membuang perangkat mobile wifi (mifi) yang dimiliki. Pasalnya, perangkat tersebut masih bisa digunakan dengan nomor operator lain.

Pakar teknologi Vaksin.com Alfons Tanujaya mengatakan mifi Bolt bisa menggunakan nomor operator lain dengan cara jailbreak perangkat tersebut.

Dia menjelaskan bahkan konsumen bisa melakukan jailbreak sendiri apabila paham tentang sistem operasi (OS) di mifi. Sistem operasi mifi ini berupa firmware yang harus diperbarui agar kompatibel dengan operator lain.


"Perlu unlock dulu supaya bisa pakai provider lain. Jadi firmware harus sesuai dengan tipe modemnya. Firmware itu kira-kira seperti OS bagi modem," kata Alfons kepada CNNIndonesia.com, Senin (31/12).
Saat ini Alfons mengatakan mifi Bolt memang khusus diperuntukkan untuk layanan Bolt dan tidak bisa digunakan untuk layanan dari operator lain. Harga miring modem Bolt disebabkan oleh subsidi agar pengguna hanya menggunakan layanan Bolt.

"Modem bolt murah karena subsidi. Karena itu dia mengunci nomor," ujar Alfons.

Salah satu pelanggan Bolt bahkan sudah jailbreak mobile wifi Bolt dengan mendatangi teknisi elektronik di salah satu pusat elektronik di Jakarta.
"Ini saya sudah bisa pakai Smartfren di mobile wifi Bolt. Saya jailbreak ke teman kena Rp60 ribu. Pasaran Rp50 ribu. Kalau Rp100 ribu jangan, kemahalan," ujar pelanggan tersebut.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, Bolt telah berjanji menyediakan teknisi untuk jailbreak mifi Bolt agar bisa digunakan untuk layanan operator lain. Pegawai Bolt juga telah menawarkan opsi jailbreak tersebut agar bisa menggunakan mifi untuk operator lain, pegawai menyarankan agar konsumen beralih menggunakan Smartfren. (jnp/age)