Intip 'Garasi' Sandiaga Uno, Cuma Ada 2 Mobil Rp300 Jutaan

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Selasa, 28/08/2018 09:20 WIB
Intip 'Garasi' Sandiaga Uno, Cuma Ada 2 Mobil Rp300 Jutaan politikus dengan latar belakang pengusaha ini relatif tidak menghamburkan uang berlebihan untuk kendaraan karena diketahui hanya memiliki dua mobil bermerek Nissan. (Foto: CNN Indonesia/Dinda Audriene Muthmainah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) mencatat calon wakil presiden Sandiaga Uno memiliki harta senilai Rp5 triliun.

Walaupun demikian, politikus dengan latar belakang pengusaha ini relatif tidak menghamburkan uang berlebihan untuk kendaraan karena diketahui hanya memiliki dua mobil bermerek Nissan.

Menurut LHKPN per Agustus 2018, Sandiaga merupakan pemilik satu unit Nissan X-Trail produksi 2015 dan Grand Livina produksi 2013. Bila dikalkulasi secara total, kedua mobil itu nilainya cuma Rp325 juta.


Dalam berbagai kesempatan, Sandiaga lebih acap menggunakan Grand Livina sebagai teman beraktivitas. Model MPV medium produksi lokal ini beberapa kali terlihat digunakan saat kampanye menuju kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta yang akhirnya didapat pada 2017.

Pada Senin (27/8), Sandiaga telah resmi mengundurkan diri dari jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta terkait dengan pencalonan dirinya menjadi wakil presiden. Sandiaga berduet dengan Prabowo Subianto sebagai calon presiden. 


Sejarah Grand Livina

Grand Livina pertama kali meluncur di Indonesia pada 2007. Selama beberapa tahun Nissan Motor Indonesia (NMI) sangat menikmati penjualannya.

Namun dalam beberapa tahun ke belakang, penjualan Grand Livina terpuruk. Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), model ini hanya terjual 1.982 unit selama semester satu 2018. Pada periode sama tahun lalu, catatan penjualannya 3.870 unit.


Rumor yang beredar, Grand Livina sedang dirancang menuju generasi baru menggunakan platform Mitsubishi Xpander. Prinsipal Nissan di Jepang telah menjadi pemilik sebagian saham Mitsubishi dan pengaruhnya bakal sampai ke Indonesia.

Walau penjualan terus merosot, Grand Livina masih dijual sampai saat ini. Harganya, menurut situs resmi Nissan, mulai dari Rp220,7 juta. (fea)