Harry dan Meghan Pilih Mobil Listrik ke Pesta Pernikahan

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Minggu, 20/05/2018 12:43 WIB
Harry dan Meghan Pilih Mobil Listrik ke Pesta Pernikahan Kedua mempelai menggunakan mobil listrik konsep besutan Jaguar. (REUTERS/Hannah McKay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mobil yang digunakan Pangeran Harry dan Meghan ke pesta pernikahan akhirnya terungkap, yakni Jaguar Classic E-Type Concept Zero. Itu merupakan mobil konsep bertenaga listrik murni.

Pasangan yang diberi gelar Duke dan Duchess of Sussex itu terlihat meninggalkan Kastel Windsor menggunakan mobil ramah lingkungan warna biru ke acara pesta yang diselenggarakan di Frogmore House.

Harry duduk di balik kemudi, sedangkan pasangan hidupnya duduk di samping sebagai penumpang yang menggunakan gaun warna putih.


Jaguar Classic E-Type Concept Zero adalah mobil listrik modern yang didasarkan pada mobil klasik Inggris produksi tahun 1968.
[Gambas:Instagram]
Mengutip Jaguar.com, motor listriknya mampu menggerakkan mobil dari 0-100 km per jam dalam waktu 5,5 detik, atau lebih cepat 1 detik dari model konvensionalnya, yaitu Jaguar E-Type Seri 1.

Sejumlah media Eropa menyebut jika kemampuan motor listriknya berkat daya yang dihasilkan mencapai setara 246 tenaga kuda. E-Type Concept Zero merupakan mobil listrik yang dikembangkan oleh Jaguar dengan kemampuan hampir identik dengan mesin XK enam silinder yang dibangun antara tahun 1948 sampai 1992.

Klaim Jaguar, baterai lithium-ion 40 kWh yang dibawanya bisa menggerakkan mobil sejauh 273 km dengan satu kali pengisian selama tujuh jam. Ini belum termasuk kecepatan maksimal mencapai 150 mph atau 241 km per jam.

Desain baterai lithium-ion sendiri telah disesuaikan untuk menghasilkan impresi berkendara yang optimal dengan bobot maksimal 80 kg.

Sepertinya pangeran Harry dan Meghan akan sangat bangga punya kesempatan berduaan di dalam mobil konsep Jaguar Classic E-Type yang belakangan dikabarkan sebagai pesaing mobil-mobil listrik Tesla asal Amerika Serikat.

Pengembangan mobil listrik itu terus dilakukan sebelum akhirnya diproduksi massal pada tahun 2020. Oleh Jaguar, mobil ini digambarkan sebagai 'mobil terindah yang pernah dibuat' oleh Enzo Ferrari. Sementara Jaguar E-type melambangkan keglamoran dan kegembiraan dari era 60-an. (mik/mik)