Instagram Siapkan Fitur Pendeteksi Kecanduan Medsos

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Sabtu, 19/05/2018 05:18 WIB
Instagram Siapkan Fitur Pendeteksi Kecanduan Medsos Instagram dikabarkan menyiapkan fitur khusus mengatasi kecanduan penggunanya. (Foto: Dok. Instagram)
Jakarta, CNN Indonesia -- Durasi akses media sosial yang terlalu lama mulai jadi perhatian serius bagi sejumlah perusahaan pembuatnya. Instagram jadi salah satu yang diketahui tengah mengembangkan fitur untuk mendeteksi tingkat kecanduan pengguna terhadap aplikasinya.

Fitur yang dinamakan 'Usage Insight' akan menampilkan berapa lama waktu yang telah dihabiskan pengguna untuk mengakses Instagram.

CEO Instagram Kevin Systrom mengonfirmasi jika fitur tersebut saat ini tengah dalam proses uji coba dan memerlukan perbaikan minor sebelum resmi diluncurkan.


"Kami sedang mengembangkan sebuah fitr yang bisa membantu pengguna Instagram untuk mengetahui berapa lama waktu yang dihabiskan untk mengakses aplikasi ini," tulis Kevin melalui cuitannya seperti mengutip Techcrunch.



"Memahami bagaimana dampak akses online memengaruhi penggunanya sangat penting, dan itu jadi tanggung jawab perusahaan untuk mengungkap secara jujur soal ini. Kami ingin menjadi ambil bagian untuk mengatasi solusi tersebut dan akan bertanggung jawab atas hal itu."

Selain bisa memantau berapa lama waktu yang dihabiskan untuk mengakses Instagram, Kevin mengungkapkan harapannya agar pengguna bisa membatasi diri memakai media sosial dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan dunia luar.

Kemunculan fitur ini pertama kali diungkan oleh seorang ahli komputer, Jane Manchun Wong. Ia mengungkap bahasa pemrograman soal kemunculan fitur pembatasan waktu mengakses Instagram.

Tak hanya Instagram, fitur pembatasan akses telah lebih dulu diperkenalkan oleh Google untuk pengguna Android. Lewat dashboard pada ponsel, pengguna bisa memantau berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk mengakses setiap aplikasi. (evn)