Rahasia Messi Enam Hari Sebelum Vilanova Meninggal

CNN Indonesia | Jumat, 26/04/2019 15:57 WIB
Rahasia Messi Enam Hari Sebelum Vilanova Meninggal Tito Vilanova dan Lionel Messi pada musim 2012/2013. (AFP PHOTO / LLUIS GENE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan asisten pelatih Barcelona Jordi Roura mengungkap rahasia pembicaraan Lionel Messi dengan mendiang Tito Vilanova enam hari sebelum eks pelatih Blaugrana itu meninggal pada 25 April 2014.

Vilanova satu musim melatih Barcelona pada 2012/2013. Ketika itu Azulgrana sukses merebut gelar La Liga Spanyol. Meski memiliki kontrak dua tahun dengan Barcelona, Vilanova memutuskan untuk mengundurkan diri pada 19 Juli 2013 untuk fokus pemulihan penyakit kanker.

Roura yang merupakan asisten Vilanova ketika melatih Barcelona mengungkapkan rahasia terkait Vilanova dan Messi. Dalam wawancara dengan Radio Kanal Barcelona, Roura mengatakan Vilanova meyakinkan Messi untuk bertahan di Barcelona enam hari sebelum meninggal.


Rousa mengklaim Messi sudah membulatkan tekad untuk meninggalkan Barcelona usai musim 2013/2014 setelah gagal mendapatkan trofi. Namun, Vilanova yang merupakan asisten Pep Guardiola di Barcelona meyakinkan Messi untuk bertahan dalam pembicaraan empat mata.

Lionel Messi sempat ingin hengkang usai musim 2013/2014.Lionel Messi sempat ingin hengkang usai musim 2013/2014. (REUTERS/Vincent West)
"Enam hari sebelum Vilanova meninggal pertemuan terjadi di mana Vilanova meyakinkan Messi kalau keputusan terbaik adalah bertahan dan Barcelona adalah klub terbaik untuknya," ujar Roura dikutip dari Marca.

[Gambas:Instagram]
"Pembicaraan itu terjadi di saat Vilanova dalam posisi sulit, dan benar saat itu Messi sedang tidak pasti mengenai masa depannya di Barcelona. Mereka bertemu. Meski saya tidak ada di sana, saya tahu mereka bicara beberapa jam. Messi kemudian memutuskan bertahan dan kami berharap untuk selamanya," sambung Roura.

Rahasia Messi Enam Hari Sebelum Vilanova Meninggal
Keputusan Messi untuk bertahan membuahkan hasil. Pasalnya, di musim berikutnya La Pulga sukses membawa Barcelona meraih treble.

Messi mengenang lima tahun meninggalnya Vilanova dengan mengunggah sebuah foto melalui Instagram. Messi mengunggah foto sedang berbicara dengan Vilanova di tempat latihan Barcelona.

"Selalu bersama kami," tulis Messi dalam unggahan foto tersebut. (har/ptr)