Dua Blunder De Gea Jelang Man United vs Man City

CNN Indonesia | Rabu, 24/04/2019 12:11 WIB
Dua Blunder De Gea Jelang Man United vs Man City David de Gea menjadi kiper utama di Manchester United sejak 2011. (REUTERS/Carl Recine)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penjaga gawang Manchester United David de Gea tercatat lebih sedikit melakukan blunder daripada kiper Liverpool Alisson Becker jelang Derby Manchester di Stadion Old Trafford, Rabu (24/4) dini hari WIB.

Data di situs Liga Primer Inggris mencatatkan De Gea hanya dua kali melakukan blunder atau kesalahan sendiri yang berujung gol. Sementara Alisson tercatat tiga kali melakukan kesalahan yang berujung gol. Jumlah blunder Alisson sama dengan kiper Arsenal Bernd Leno.

Dua blunder De Gea terjadi ketika melawan Arsenal, Desember 2018, dan ketika melawan West Ham United lalu. Ketika melawan Arsenal, De Gea tidak mampu menahan bola sundulan Shkodran Mustafi dengan sempurna. Sementara ketika melawan West Ham, De Gea salah melempar bola hingga akhirnya terebut dan Felipe Anderson mencetak gol.


Meskipun catatan blunder De Gea lebih sedikit dari Alisson, namun kiper asal Spanyol itu menampilkan performa yang kurang baik dan dianggap sebagai salah satu masalah Man United dalam beberapa laga terakhir.

Salah satunya terlihat dari kekalahan Man United dengan skor 0-4 dari Everton di Liga Inggris pada akhir pekan lalu dan kekalahan 0-3 dari Barcelona di Liga Champions.

Blunder De Gea Lebih Sedikit Dibanding AlissonAlisson Becker menjadi penjaga gawang nomor satu Liverpool. (Reuters/Carl Recine)
De Gea pun berada dalam sorotan jelang derby Manchester antara The Red Devils dan Manchester City di Stadion Old Trafford, Kamis (25/4) dini hari WIB.

Sementara Alisson dinilai telah membuat Liverpool sebagai tim dengan pertahanan terbaik dibandingkan tim-tim lain dari lima liga top Eropa. Pemain asal Brasil ini disebut memimpin persaingan meraih penghargaan sarung tangan emas lantaran mencatat 19 laga tanpa kebobolan.

Blunder De Gea Lebih Sedikit Dibanding Alisson
Hingga pertandingan ke-35, Alisson baru kemasukan 20 gol. Liverpool pun menjadi kesebelasan dengan jumlah kebobolan paling sedikit. Bahkan lebih baik ketimbang Man City yang kebobolan 22 kali.

Asmir Begovic tercatat sebagai pemain paling banyak melakukan blunder. Kiper Bournemouth itu melakukan lima blunder, lebih banyak satu ketimbang Jordan Pickford.

Berikut ini daftar kiper dengan jumlah kesalahan yang berujung gol selama musim ini hingga sekarang:

Asmir Begovic (AFC Bournemouth) 5 blunder
Jordan Pickford (Everton) 4 blunder
Martin Dubravka (Newcastle United) 3 blunder
Bernd Leno (Arsenal) 3 blunder
Alisson Becker (Liverpool) 3 blunder
David de Gea (Manchester United) 2 blunder
Ben Hamer (Huddersfiled Town) 2 blunder
Sergio Rico (Fulham) 2 blunder (map/har)