Barcelona Bisa Juara Tanpa Bermain

CNN Indonesia | Rabu, 24/04/2019 09:01 WIB
Barcelona Bisa Juara Tanpa Bermain Barcelona berpeluang mempertahankan gelar La Liga Spanyol. (REUTERS/Sergio Perez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Barcelona semakin dekat dengan podium juara La Liga Spanyol 2018/2019 dan berpeluang meraih piala musim ini tanpa bermain pada akhir pekan nanti.

Kemenangan 2-0 Barcelona atas Deportivo Alaves pada Rabu (24/4) dini hari waktu Indonesia barat di Stadion Mendizorroza mendekatkan Blaugrana dengan gelar ke-26 di liga domestik.
Gol-gol Carles Alena dan Luis Suarez dalam laga tandang tersebut membuat Barcelona kini memiliki 80 poin atau unggul 12 poin dari Atletico Madrid yang menempati peringkat kedua.

Barcelona berpeluang meraih gelar juara musim ini tanpa bermain pada akhir pekan, lantaran Atletico memiliki dua pertandingan beruntun. Los Colchoneros akan berhadapan dengan Valencia pada Kamis (25/4) dini hari waktu Indonesia barat dan menjamu Real Valladolid pada Sabtu (27/4) malam waktu Indonesia barat.

Barcelona Bisa Juara Tanpa BermainLuis Suarez mencetak gol ke gawang Alaves. (REUTERS/Vincent West)
Jika Diego Simeone dan anak asuhnya kalah dari Valencia maka gelar juara dipastikan tetap berada di kota Barcelona.


Seandainya Atletico meraih kemenangan atas Valencia, namun kalah ketika menghadapi Valladolid pada akhir pekan mendatang, Barcelona pun tetap menjadi juara karena poin Antoine Griezmann dan kawan-kawan dipastikan tidak bakal mampu melampaui capaian sang juaara bertahan.

Skenario lain yang dapat memastikan Barcelona menang tanpa bermain adalah hasil seri pada dua laga Atletico, melawan Valencia dan Valladolid.

Barcelona Bisa Juara Tanpa Bermain
Barcelona harus menjalankan laga untuk memastikan gelar juara jika Atletico meraih kemenangan atas Valencia dan Valladolid.

Seandainya Atletico menang dalam dua laga tersebut, maka kesebelasan asal ibu kota Spanyol itu mengumpulkan 74 poin dari 35 laga dan Los Rojiblancos berpeluang mengoleksi 83 poin sebagai raihan maksimal pada musim ini.

Sementara Barcelona kini mengoleksi 80 poin dan hanya butuh tambahan tiga poin atau satu kemenangan untuk mencapai 83 poin. Jika Barca meraih 83 poin, maka Lionel Messi dan kawan-kawan dipastikan meraih juara karena memiliki keunggulan pertemuan atas Atletico.

Musim ini Barcelona menang 2-0 atas Atletico di Stadion Camp Nou dan laga antara kedua klub di Stadion Wanda Metropolitano berakhir imbang 1-1. (nva/jal)