Shane Long Pencetak Gol Tercepat di Liga Inggris: 7,69 Detik

CNN Indonesia | Rabu, 24/04/2019 05:04 WIB
Shane Long Pencetak Gol Tercepat di Liga Inggris: 7,69 Detik Striker Southampton, Shane Long, pencetak gol tercepat di Liga Primer Inggris. (Reuters/Andrew Boyers)
Jakarta, CNN Indonesia -- Striker Southampton, Shane Long, mencatatkan rekor sebagai pencetak gol tercepat dalam sejarah Liga Inggris saat timnya bermain imbang 1-1 lawan Watford di Stadion Vicarage Road, Selasa (23/4) malam waktu setempat.

Pemain 32 tahun itu menorehkan catatan bersejarah tersebut saat mencetak gol Southampton ke gawang Watford pada laga pekan ke-35 Liga Inggris.

Berdasarkan catatan di situs Liga Primer Inggrism pemain asal Irlandia itu mencetak gol saat laga baru berjalan 7,69 detik.


Gol berawal dari kesalahan bek Watford, Craig Cathcart, yang berusaha menendang bola. Bola tendangannya berhasil disambar Shane Long yang kemudian berlari kencang ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan keras yang tak mampu dicegah kiper tuan rumah, Ben Foster.

Shane Long mencetak gol ke gawang Watford saat laga baru berjalan 7,69 detik. (Shane Long mencetak gol ke gawang Watford saat laga baru berjalan 7,69 detik. (Foto: Reuters/Andrew Boyers)
Dengan catatan waktu gol tersebut, Shane Long mematahkan rekor mantan bek Tottenham Hotspur, Ledley King, yang sempat bertahan selama hampir 19 tahun.

Ledley King pernah memegang predikat sebagai pencetak gol tercepat dengan catatan waktu golnya 9,82 detik ke gawang Bradford City pada laga Liga Primer Inggris musim 2000/2001.

King kini berada pada posisi kedua sebagai pencetak gol tercepat Liga Inggris. Peringkat ketiga ditempati Alan Shearer yang mencetak gol untuk Newcastle United ke gawang Manchester City pada 10,52 detik di Liga Inggris 2002/2003.

Shane Long Pencetak Gol Tercepat di Liga Inggris
Penyerang Tottenham, Christian Eriksen, berada pada urutan keempat dengan catatan waktu golnya 10,54 detik saat mencetak gol ke gawang Manchester United di Liga Inggris 2017/2018.

Sementara itu, gol cepat Shane Long belum mampu mengantarkan kemenangan timnya. Pasalnya, Watford berhasil menyamakan skor 1-1 berkat gol Andre Gray di pengujung laga. (bac/bac)


BACA JUGA