Singkirkan Napoli 3-0, Arsenal Lolos ke Semifinal Liga Europa

CNN Indonesia | Jumat, 19/04/2019 04:05 WIB
Singkirkan Napoli 3-0, Arsenal Lolos ke Semifinal Liga Europa Gol semata wayang Alexandre Lacazette mengantarkan Arsenal unggul agregat 3-0 atas Napoli di perempat final Liga Europa. (Action Images via Reuters/John Sibley)
Jakarta, CNN Indonesia -- Arsenal dipastikan lolos ke semifinal Liga Europa usai mengalahkan tuan rumah Napoli 1-0 di leg kedua perempat final, Jumat (19/4) dini hari. Bertandang ke Stadion San Paolo, skuat the Gunners melengkapi kemenangan dengan agregat 3-0 untuk melenggang mulus ke semifinal.

Laurent Koscielny dan kawan-kawan datang dengan modal kemenangan pada laga sebelumnya. Pada leg pertama, anak asuh Unai Emery menang atas Napoli 2-0 Stadion Emirates, London, pekan lalu. Arsenal menang laga berkat gol Aaron Ramsey dan gol bunuh diri Kalidou Koulibaly.

Petaka untuk il Partenopei berawal dari gol yang tercipta dari Alexandre Lacazette pada menit ke-36. Dipercaya menjadi eksekutor tendangan bebas, penyerang asal Prancis itu sukses melesakkan bola ke sisi kanan yang tak mampu dijangkau penjaga gawang Napoli, Alex Meret.


Arsenal yang bermain tanpa Ozil lantaran dibangkucadangkan harus kelimpungan dengan tempo cepat yang dimainkan tuan rumah. Napoli membawa beban berat lantaran harus menebus defisit empat gol untuk lolos ke fase berikutnya.


Napoli tercatat menciptakan peluang sejak menit ke-17 melalui kerja sama Faouzi Ghoulam dan Jose Callejon. Peluang yang sama juga terjadi pada menit ke-24. Gawang Petr Cech nyaris terancam saat Piotr Zielinski mengirim umpan ciamik ke kotak penalti yang disambut Arkadiusz Milik. Namun sayang, penggawa asal Polandia tersebut terlanjur dalam posisi off side. Hingga turun minum, tak ada gol tambahan tercipta.

Gol Lacazette nyatanya menjadi gol semata wayang pada laga tersebut. Memasuki paruh kedua, dua tim yang tampil bergantian menyerang tak dapat menmbah pundi-pundi gol. Napoli, yang selama 90 menit pertandingan menguasai bola hingga 70 persen pun belum dapat memecah kebuntuan. Atas hasil ini, Arsenal akan menghadapi Valencia di babak semifinal yang menyingkirkan Villarreal.



SUSUNAN PEMAIN
Napoli (4-4-2): 1-Alex Meret; 19-Nikola Maksimovic, 21-Vlad Chiriches, 26-Kalidou Koulibaly, 31 Faouzi Ghoulam; 7-Jose Callejon, 8-Fabian Ruiz, 5-Allan, 20-Piotr Zielinski; 24-Lorenzo Insigne, 99-Arkadiusz Milik
Pelatih: Carlo Ancelotti

Arsenal (3-4-1-2): 1-Petr Cech; 15-Ainsley Maitland-Niles, 5-Sokratis Papastathopoulos, 6-Laurent Koscielny, 15-Nacho Monreal, 31-Sead Kolasinac; 11-Lucas Torreira, 34-Granit Xhaka, 8-Aaron Ramsey; 9-Alexandre Lacazette, 14-Pierre Emerick Aubameyang
Pelatih: Unai Emery (ain/ain)


BACA JUGA