Mo Salah: Ikon Orang Mesir, Liverpool, dan Muslim di Dunia

CNN Indonesia | Kamis, 18/04/2019 20:58 WIB
Mo Salah: Ikon Orang Mesir, Liverpool, dan Muslim di Dunia Mohamed Salah disebut sebagai ikon Mesir, Liverpool, dan Muslim di dunia. (REUTERS/Phil Noble)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bintang Liverpool Mohamed Salah masuk daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia tahun 2019 versi Majalah Time. Penghargaan ini diklaim tak akan mengubah pribadinya yang rendah hati sebagai ikon orang Mesir, Liverpool, dan muslim di seluruh dunia.

Komentar tersebut diutarakan John Oliver, pembawa acara HBO Last Week Tonight sekaligus fan setia Liverpool, di Majalah Time. Menurutnya, Salah bukan sekadar pesepakbola, tapi manusia yang berpengaruh.

"Mo Salah adalah manusia yang lebih baik daripada sekadar pemain sepak bola. Dan dia juga salah satu pesepakbola terbaik di dunia," kata Oliver seperti dikutip dari CNN.


Oliver menilai tak banyak pesepakbola yang memiliki kebesaran jiwa seperti Salah. Di mata Oliver Salah adalah sosok luar biasa di tengah derasnya pujian serta tekanan dalam kariernya.


"Dia adalah sosok ikon bagi orang Mesir, Scouser, dan Muslim di seluruh dunia. Namun, dia selalu tampil sebagai pria yang rendah hati, bijaksana, lucu yang tidak menganggap semuanya terlalu serius."

Salah dikenal sebagai muslim taat dan kerap menjadi inspirasi lewat aksi positif baik di dalam maupun luar lapangan. Baru-baru ini, Salah menunjukkan kedewasaannya dengan tak terprovokasi aksi rasial dari suporter Chelsea.

Mantan pemain AS Roma itu menjawab cacian dengan tampil gemilang saat Liverpool mengalahkan Chelsea 2-0. Salah yang mencetak gol fantastis melakukan selebrasi sujud syukur di lapangan.

Mo Salah: Ikon Orang Mesir, Liverpool, dan Muslim di Dunia
Penyerang 26 tahun masuk dalam jajaran 100 orang paling berpengaruh versi Time yang sudah berlangsung selama dua dekade. Sebelumnya Time memuat sederet tokoh internasional seperti Nelson Mandela, Paus Fransiskus, dan Oprah Winfrey. (jun/bac)