De Ligt Banjir Peminat Usai Ajax Gemilang di Liga Champions

CNN Indonesia | Kamis, 18/04/2019 20:20 WIB
De Ligt Banjir Peminat Usai Ajax Gemilang di Liga Champions Bek belia Ajax Matthijs de Ligt dibanjiri peminat. (REUTERS/Alberto Lingria)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama Matthijs de Ligt mendadak harum seiring dengan kesuksesan Ajax Amsterdam lolos ke semifinal Liga Champions musim ini. Bek potensial berusia 19 tahun itu pun langsung banjir peminat, termasuk dari Barcelona dan Manchester United.

De Ligt bukan bocah sembarangan. Keterampilannya mengorganisasi pertahanan sukses merepotkan para penyerang top macam Karim Benzema dan Cristiano Ronaldo di kompetisi elite antarklub Benua Biru.

De Ligt bersama Ajax sanggup menyingkirkan Real Madrid dengan cara yang fantastis. Sempat kalah 1-2 di leg pertama, De Godenzonen berhasil bangkit dan memenangi leg kedua dengan skor 3-1 di Santiago Bernabeu.


Teranyar, De Ligt mencetak gol penentu kemenangan Ajax lewat sundulan. Golnya itu sekaligus memastikan laju raksasa Belanda ke semifinal Liga Champions sejak 1997 silam.

Matthijs de Ligt sudah menghadapi Cristiano Ronaldo.Matthijs de Ligt sudah menghadapi Cristiano Ronaldo. (REUTERS/Wolfgang Rattay)
Ajax lolos ke babak empat besar dengan agregat 3-2. Sempat bermain imbang 1-1 di Johan Cruijff Arena, De Joden mempermalukan Juventus dengan kemenangan 2-1 di Turin.

Sebelum menghiasi media-media Eropa, De Light lebih dulu mendapat pengakuan di kampung halamannya. Pemain kelahiran Laiderdorp itu dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik Liga Belanda edisi 2017-2018.

De Ligt Banjir Peminat Usai Ajax Gemilang di Liga Champions
Kini, De Ligt telah mendapat pengakuan sebagai salah satu bek terbaik di dunia berkat performa apik di Liga Champions. Ia pun tengah dibanjiri peminat yang berasal dari klub-klub papan atas Eropa.

TalkSport mengklaim Barcelona sangat menginginkan jasa De Ligt meski sebelumnya sudah mendapat tanda tangan gelandang muda Ajax, Frenkie de Jong. Sejumlah klub papan atas Liga Primer Inggris, termasuk Manchester City, pun diklaim tengah memburu De Ligt.
De Ligt diminati Barcelona dan klub papan atas Liga Inggris.De Ligt diminati Barcelona dan klub papan atas Liga Inggris. (REUTERS/Eva Plevier)
Bek legendaris Manchester United Rio Ferdinand pun terang-terangan memuji De Ligt sebagai bek tengah muda terbaik dunia.

"De Ligt adalah bek tengah muda terbaik di dunia. Permainannya sangat indah dan punya daya magis. Ia juga sukses mencetak gol penentu dan performanya makin sempurna," kata Ferdinand kepada Daily Mail.

Pernyataan Ferdinand membuat fan Man United mulai mendesak klubnya untuk meminang De Ligt yang dianggap sebagai sosok ideal untuk mengatasi lini belakang yang mulai keropos. (jun/bac)