Pelatih Timnas Indonesia Buka Pintu untuk Sandy Walsh

CNN Indonesia | Senin, 15/04/2019 22:15 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Buka Pintu untuk Sandy Walsh Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, akan bertemu dengan Sandy Walsh. (REUTERS/Pascal Rossignol)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, mengaku bakal segera bertemu dengan Sandy Walsh untuk membicarakan kemungkinan sang pemain membela Tim Merah Putih.

McMenemy mengatakan saat ini sedang menjalin komunikasi dengan bek Zulte Waregem tersebut. Ia ingin tahu lebih dalam mengenai Sandy Walsh sebelum memasukannya sebagai bagian dari skuat Timnas Indonesia.

"Saya sedang fokus komunikasi dengan Sandy Walsh tentang apa yang dia inginkan, apa yang ia mau perlihatkan ke kami. Ada sesuatu hal yang ingin kami cari tahu tapi saya sekarang harus memberikan prioritas saya untuk negara ini. Jika dia bisa membuat tim jadi lebih baik di kualifikasi Piala Dunia, mungkin itu bisa terjadi [jadi bagian tim]," ucap McMenemy, Senin (15/4).


Meski begitu, McMenemy mengatakan naturalisasi pemain tidak bisa dilakukan semudah membalikkan telapak tangan. Pelatih asal Skotlandia menegaskan butuh proses yang memakan waktu tidak sebentar.

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, telah menjalin komunikasi dengan Sandy Walsh. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
McMenemy juga ingin memastikan komitmen Sandy Walsh untuk bisa hadir ketika Timnas Indonesia membutuhkan. Sebab, permasalahan yang sering muncul kepada pemain naturalisasi yang bermain di luar negeri adalah izin dari klub.

"Sekarang permasalahan membawa pemain naturalisasi adalah klub selalu punya sistem dan program yang berjalan. Ketika timnas butuh klub tidak mau memberikan pemain, jadi ketika (Piala) AFF atau turnamen besar tidak bisa main. Jadi kami harus memastikan bahwa kami memikirkan semuanya dan ini tidak mudah."

"Kami harus yakin dia [Sandy Walsh] adalah pemain yang tepat bukan karena berdasarkan pilihan dari media sosial. Dan dia juga harus memastikan bisa ada di dalam skuat [Timnas Indonesia] dalam jangka waktu yang lama. Banyak pemain naturalisasi di seluruh dunia tapi soal perizinan paspor itu tidak mudah," jelasnya.

Walsh sendiri sudah beberapa kali berhubungan dengan pihak PSSI terkait keinginannya memperkuat Timnas Indonesia. Namun, hingga kini ambisi mantan pemain timnas Belanda kelompok umur itu untuk memperkuat Timnas Indonesia belum terwujud. (TTF/jal)