LAPORAN DARI VIETNAM

Pesan Persaudaraan Suporter Timnas Indonesia untuk Vietnam

CNN Indonesia | Rabu, 27/03/2019 05:12 WIB
Pesan Persaudaraan Suporter Timnas Indonesia untuk Vietnam Suporter Timnas Indonesia U-23 memberikan dua bas drum untuk suporter timnas Vietnam di kualifikasi Piala Asia u-23 2020. (CNN Indonesia/Surya Sumirat)
Hanoi, CNN Indonesia -- Suporter Indonesia bertekad menjadi pendukung yang baik di Asia dengan memberikan dua bas drum kepada suporter Timnas Vietnam saat Timnas Indonesia U-23 berpartisipasi di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

Jelang pertandingan melawan Vietnam pada Minggu (24/3), suporter Indonesia yang berasal dari berbagai komunitas dan datang dari tanah Aair bergabung dengan suporter Vietnam di depan Stadion My Dinh.

Kedua kelompok suporter itu meneriakkan yel-yel masing-masing sembari mengibarkan bendera raksasa. Rupanya aksi itu merupakan simbol atas pemberian dua bas drum dari suporter Indonesia kepada suporter Vietnam.


Menurut pembina Ultras Garuda dan One Soul One Nation, Harry Pandiono Paimin, pemberian itu awalnya dari suporter Vietnam yang ingin dibawakan bas drum hasil kerajinan dari daerah Lawang, Malang.

Lawang menurut Harry terkenal sebagai daerah pusat kerajinan bas drum di Indonesia. Banyak kelompok suporter dari Liga 1 dan Liga 2 menggunakan hasil kerajinan dari Lawang.

"Secara simbolis kami ingin memberikan contoh kepada suporter di Asia, bahwa di luar kami bersaudara, tetapi di dalam lapangan tetap harus bisa merebut piala," ujar Harry kepada CNNIndonesia.com.

Pesan Persaudaraan Suporter Timnas Indonesia untuk VietnamAksi suporter saat mendukung Timnas Indonesia berlaga di Vietnam. (CNN Indonesia/Surya Sumirat)
"Jadi prestasi itu bukan tergantung banyaknya korban atau kekerasan, tapi berapa banyak piala yang harus didapatkan," Harry menambahkan.

Hal lain yang ingin ditonjolkan suporter Indonesia dalam aksi ini adalah mengangkat harga diri bangsa karena suporter Timnas Indonesia dengan fan dari timnas Vietnam memiliki hubungan baik. "Karena rivalitas yang benar adalah bagaimana membuat rivalmu tidak lagi bisa mengejar prestasimu. Jadi kami harus memberi contoh kepada yang lain," tutur Harry.

Bagi Harry, hubungan baik suporter Timnas Indonesia tidak saja terjalin dengan Vietnam, tetapi juga dengan suporter di negara ASEAN lain, seperti Malaysia dan Thailand.

Pria yang bekerja di Afrika Tengah itu menyebut hubungan baik antarsuporter terlihat dari kesediaan suporter di negara lain yang bersedia dititipkan bas drum. "Di Thailand kami titip satu bas drum, dengan Malaysia juga begitu. Tetapi dengan Malaysia, mereka yang titip kepada kami," kata Harry.

"Bisa juga yang pemberian bas drum kepada Vietnam ini kami istilahnya titip. Karena ketika Timnas Indonesia bermain lagi di Vietnam seperti pada Agustus mendatang, kami bisa pakai bas drum tersebut," Harry melanjutkan.

Pesan Persaudaraan Suporter Timnas Indonesia untuk VietnamSuporter datang ke Vietnam untuk memberikan dukungan langsung bagi Timnas Indonesia U-23. (CNN Indonesia/Surya Sumirat)
Menurut Harry, suporter Indonesia selalu membawa satu atau dua bas drum ketika laga tandang ke luar negeri. Khusus untuk Kualifikasi Piala Asia U-23, suporter Indonesia membawa lima bas drum, dengan dua di antaranya diberikan untuk suporter Vietnam.

"Membawa bas drum itu ongkosnya mahal. Lagi pula kami sudah saling percaya, karena mereka juga bisa kami percaya," tutur pria 54 tahun ini.

Harry mengaku tidak memiliki kesulitan saat membawa perlengkapan untuk mendukung Timnas Indonesia U-23, mulai dari bendera raksasa hingga lima bas drum.

Pesan Persaudaraan Suporter Timnas Indonesia untuk Vietnam
Bahkan, ia mengungkapkan bahwa suporter Indonesia selalu memiliki izin lengkap ketika hendak beraksi. Mulai dari surat tembusan kepada PSSI, KBRI di Vietnam, sampai dengan tembusan kepada kelompok suporter Vietnam (Ultras dan Golden Star) yang seluruhnya berstandar AFC.

"Respons KBRI bagus. Mereka menyediakan tempat dan fasilitas kepada kami yang membutuhkan. Diberikan juga bantuan akses tiket," ucap Harry.

Sementara itu, Duta Besar RI di Hanoi, Ibnu Hadi, mengapresiasi upaya suporter Indonesia yang mendukung perjuangan Garuda Muda di Vietnam.

"Saya berharap dengan kehadiran masyarakat Indonesia di sini dapat memberikan semangat bagi Timnas Indonesia U-23 untuk menampilkan permainan terbaiknya," ucap Ibnu. (sry/jal)