Joko Driyono Ditahan, Gusti Randa Fokus Siapkan KLB PSSI

CNN Indonesia | Senin, 25/03/2019 22:41 WIB
Joko Driyono Ditahan, Gusti Randa Fokus Siapkan KLB PSSI Plt Ketua PSSI Gusti Randa fokus gelar KLB PSSI usai Joko Driyono resmi ditahan. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Plt Ketua Umum PSSI Gusti Randa fokus mempersiapkan Kongres Luar Biasa (KLB) pasca Joko Driyono ditahan Satuan Tugas Anti Mafia Bola pada Senin (25/3).

Joko Driyono resmi ditahan setelah menjalani pemeriksaan kelima terkait kasus perusakan barang bukti pengaturan skor yang berlangsung di Polda Metro Jaya. Joko ditahan hingga 13 April.

"Tugasnya [Joko] akan dibantu anggota komite eksekutif PSSI lainnya. Pak Joko sendiri sebelumnya juga sudah memberi saya tugas dengan agenda khusus yakni membantu PLT Ketum menjalankan tugas keseharian di organisasi dan mempersiapkan Kongres Luar Biasa," kata Gusti seperti yang dikutip dari situs resmi PSSI.


Tugas dan fungsi jabatan Plt Ketum PSSI dijalankan anggota komite eksekutif (Exco) PSSI Gusti Randa. Komisaris PT Liga Indonesia Baru (LIB) tersebut mendapat Surat Tugas Nomor 1015/UDN/568/III-2019 dari Joko Driyono untuk menjalankan roda organisasi harian PSSI dan mengambil langkah yang diperlukan.

Joko Driyono resmi ditahan polisi.Joko Driyono resmi ditahan polisi. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Dalam surat tersebut, Gusti juga wajib mempersiapkan pelaksanaan KLB PSSI sebagaimana hasil keputusan rapat komite eksekutif (Exco) PSSI pada 19 Februari. Berkaitan dengan status terbaru Joko Driyono, lanjut Gusti, PSSI menghormati dan menyerahkan penuh proses hukum kepada kepolisian.

Joko Driyono Ditahan, Gusti Randa Fokus Siapkan KLB PSSI
"PSSI sebagai sebuah organisasi selalu menghormati putusan hukum. Kami tetap bekerja seperti biasanya demi menjaga laju roda organisasi yang kini telah banyak menciptakan banyak inovasi, terutama dalam pembangunan dan pengembangan sumber daya manusia dalam sepak bola Indonesia," katanya.

Senada dengan Gusti, salah satu pemilik suara PSSI yakni manajer Persib Bandung Umuh Muchtar mendorong KLB untuk segera dilaksanakan. Ia menyarankan agar KLB cepat digelar setelah pemilihan presiden.

"Langsung cepat serahkan kepada Exco untuk mengurus ke FIFA [terkait KLB]," ucap Umuh kepada CNNIndonesia.com. (map/jun)