Kritik Ronaldo Saat Tak Cetak Gol Terasa Wajar

CNN Indonesia | Senin, 25/03/2019 00:45 WIB
Kritik Ronaldo Saat Tak Cetak Gol Terasa Wajar Alessandro Del Piero berharap Cristiano Ronaldo tidak terlalu memusingkan kritikan yang mengarah pada dirinya. (REUTERS/Alberto Lingria)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda Juventus, Alessandro Del Piero menyebut wajar bila Cristiano Ronaldo mendapat kritik saat ia tidak mencetak gol.

Ronaldo telah menjelma jadi mesin gol andal sejak satu dekade terakhir. Rataan gol Ronaldo lebih dari satu gol per pertandingan.

Dengan catatan rataan gol yang spektakuler tersebut, Ronaldo malah sering mendapat kritik dari berbagai pihak ketika ia melewatkan satu pertandingan tanpa gol.


Bagi Del Piero, kritik pada Ronaldo terasa wajar jika melihat statistik yang ditunjukkan oleh Ronaldo. Yang terpenting, Ronaldo tidak perlu ambil pusing dengan hal tersebut.

"Ketika seorang pemain bisa mencetak gol per laga dalam rataan gol yang dimiliki, dan kemudian ia melewati satu pertandingan tanpa gol, maka ada sesuatu yang hilang."

"Hal itu [kritik] bisa terjadi. Tidak ada peraturan yang berkata bahwa seorang pemain harus mencetak seluruh gol. Bagi saya, ini adalah bagian dari pertandingan dan Ronaldo seharusnya mengabaikan hal itu karena dia akan kembali mencetak gol dalam 1-2 pertandingan berikutnya," ucap Del Piero seperti dikutip dari Marca.

Alessandro del Piero menyebut Juventus membeli Cristiano Ronaldo demi ambisi juara Liga Champions.Alessandro del Piero menyebut Juventus membeli Cristiano Ronaldo demi ambisi juara Liga Champions. (REUTERS/Massimo Pinca)
Kapten Juventus di era 2000-an ini mengaku kehadiran Ronaldo memang diharapkan bisa mengubah keberuntungan Juventus di Liga Champions. Dalam laga lawan Atletico, Ronaldo mencetak hattrick dan membawa Juventus lolos.

"Itulah alasan Juventus membeli dirinya. Dia adalah juara yang mampu memenangkan titel Liga Champions dan tahu bagaimana cara bermain di partai sulit, tentunya dengan sepak bola yang bagus dan mencetak gol."

"Dia sangat fokus dan punya tujuan. Juventus merekrut dirinya untuk tujuan itu dan sejauh ini rencana berjalan sempurna," tutur Del Piero.

Kritik Ronaldo Saat Tak Cetak Gol Terasa Wajar
Del Piero juga tak mau menganggap juara Liga Champions musim ini sebagai harga mati untuk Ronaldo.

"Kegagalan adalah sebuah kata yang besar, maka saya tak akan menggunakan hal itu [bila Juventus gagal juara Liga Champions musim ini]. Proyek Juventus adalah memenangkan Liga Champions dengan kehadiran Ronaldo dan ia menandatangani kontrak untuk empat tahun."

"Jika Juventus sudah bisa meraihnya di tahun pertama Ronaldo, maka tentunya itu merupakan hal yang lebih bagus," tutur Del Piero. (ptr/jun)