LAPORAN DARI VIETNAM

Indra: Timnas Indonesia U-23 Tak Bisa Keluar dari Tekanan

CNN Indonesia | Jumat, 22/03/2019 22:14 WIB
Indra: Timnas Indonesia U-23 Tak Bisa Keluar dari Tekanan Timnas Indonesia U-23 menelan kekalahan telak 0-4 dari timnas Thailand. (Dok. PSSI)
Hanoi , CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, mengakui anak asuhnya kesulitan untuk mengembangkan permainan saat dipecundangi timnas Thailand 0-4 pada laga perdana Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Jumat (22/3).

Egy Maulana dkk kesulitan mengembangkan permainan di pertandingan ini. Permainan Timnas Indonesia U-23 terus mendapatkan tekanan dari para pemain timnas Thailand.

"Kami tidak bisa mengembangkan permainan mulai dari babak pertama. Kami ditekan dan anak-anak tidak bisa keluar dari tekanan itu, jadi kesannya kami lebih bermain bertahan," ujar Indra setelah pertandingan.


"Padahal sejak awal kami sudah rencanakan untuk menyerang dari gelandang, jadi bola tidak perlu lagi harus kembali ke lini satu [belakang]. Tetap ditekan, kami harus menyesuaikan dengan situasi-situasi tersebut. Namun tetap akan ada perubahan saat lawan Vietnam," ia melanjutkan.

Indra: Timnas Indonesia U-23 Tak Bisa Keluar dari TekananTimnas Indonesia U-23 tampil mengecewakan saat takluk 0-4 dari Thailand. (Foto: Dok. PSSI)
Saat ditanya alasan tidak mempertahankan skuat di final Piala AFF U-22 2019 yang berhasil mengalahkan Thailand, Indra mengungkapkan pemilihan pemain dilakukan berdasarkan apa yang terjadi di sesi latihan.

Indra: Timnas Indonesia U-23 Tak Bisa Keluar dari Tekanan
"Jadi kami menurunkan pemain dari hasil latihan. Jadi hasil terbaik yang terakhir lawan Bali United, ini susunan terakhir terbaik yang jadi pilihan utama kami," kata pelatih asal Sumatera Barat itu.

Indra pun mengungkapkan pendapat soal pelanggaran yang kerap dilakukan para pemain Timnas Indonesia U-23 di pertandingan ini. "Pertahanan individu yang kurang sabar akhirnya terjadi tendangan bebas. Dan tendangan bebas itu yang menjadi gol pertama bagi Thailand," tukasnya.

Thailand mengalahkan Timnas Indonesia U-23 berkat dua gol Supachai Jaided plus satu gol dari Shinnaphat Leeaoh dan Supachock Sarachat. Kekalahan ini membuat Timnas Indonesia U-23 menempati posisi juru kunci klasemen sementara. (jal/nva)