Indonesia Berjuang Keras ke Semifinal Kejuaraan Beregu Asia

CNN Indonesia | Jumat, 22/03/2019 23:35 WIB
Indonesia Berjuang Keras ke Semifinal Kejuaraan Beregu Asia Fajar Alfian/M Rian Ardianto membuka poin Indonesia dalam laga perempat final. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim bulutangkis Indonesia melangkah ke semifinal Kejuaraan Beregu Campuran Asia 2019 dengan mengalahkan Singapura 3-0, Jumat (22/3), melalui perjuangan yang tidak mudah.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto membuka poin bagi Indonesia setelah menundukkan Loh Kean Hean/Han Zhuo Toh 21-16, 19-21, dan 21-19 dalam waktu 46 menit.

"Lawan sangat bagus. Permainannya bagus, semangat dan tanpa beban juga. Terus game kedua kami kalah angin, semua pukulan rasanya berat. Di game pertama kami menang angin, enggak terlalu banyak tenaga. Di situ kami antisipasinya kurang siap. Jadi game kedua ketekan terus," ungkap Fajar dilansir dari rilis PBSI.


"Kuncinya kami jaga fokus dan komunikasi, yang penting yakin. Sebelum game 21, kami harus yakin bisa," kata Rian.

Indonesia Berjuang Keras ke Semifinal Kejuaraan Beregu Asia Ruselli Hartawan menyumbang poin kedua dalam laga perempat final Kejuaraan Beregu Campuran Asia 2019. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Pada pertandingan kedua, Ruselli Hartawan membutuhkan waktu hampir setengah jam untuk mengalahkan Yeo Jia Min 21-14 dan 21-18. Namun pebulutangkis peringkat 41 dunia itu mengaku mendapat pelajaran banyak dari kekalahan melawan Jia Min dalam Jerman Terbuka 2019, termasuk ketika sempat tertinggal 9-16 di gim kedua.

"Game kedua pas sudah ketinggalan mikirnya nggak buat menang sih. Tapi bola kemana saja saya terus kejar dan jangan melakukan kesalahan. Terus apa yang dikasih tahu pelatih saya lakukan, lebih sabar. Strateginya bisa berjalan lancar," ujar Ruselli.

"Tapi tadi saya masih ada yang harus diperbaiki. Kaya tadi masih ada buru-burunya. Bola harusnya mati malah nyangkut. Yang kaya gitu harus dikurangi lagi kedepannya," kata atlet kelahiran Jakarta tersebut, mengevaluasi penampilannya.

Indonesia Berjuang Keras ke Semifinal Kejuaraan Beregu Asia
Penentu kemenangan Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito, juga mengaku butuh tenaga ekstra untuk meredam perlawanan Loh Kean Yew. Setelah kalah 17-21 di gim pertama, Shesar mengamankan dua gim selanjutnya dengan skor 21-14 dan 21-7.

"Senang, alhamdulillah bisa menang, membawa satu poin untuk Indonesia. Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi, kalau dipercaya turun, saya ingin menyumbangkan poin terus," kata Shesar.

"Di gim pertama strateginya sudah ketemu, tapi poin udah kejauhan. Jadi strategi tadi saya terapkan di game kedua dan tiga. Tadi saya lebih ke persiapan mentalnya, saya mau tahan apa nggak. Karena tipenya dia kan menyerang dan reli. Jadi saya bersiap capek. Kuncinya di situ," ungkap Shesar.

Pada laga semifinal yang berlangsung Sabtu (23/3), Indonesia akan menghadapi Jepang yang mengalahkan Malaysia pada laga perempat final dengan skor 3-0. (nva/jal)