Otavio Dutra Sedih Tinggalkan Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Rabu, 20/03/2019 18:58 WIB
Otavio Dutra Sedih Tinggalkan Timnas Indonesia Otavio Dutra sedih tinggalkan Timnas Indonesia U-23. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Otavio Dutra sedih harus meninggalkan Timnas Indonesia lantaran proses naturalisasi Warga Negara Indonesia (WNI) masih belum rampung. Bek berdarah Brasil itu dipastikan absen pada laga uji coba lawan Myanmar, Senin (25/3).

Pelatih Simon McMenemy memutuskan untuk memulangkan Dutra ke klub Persebaya Surabaya untuk menyelesaikan proses naturalisasi. Dutra bertolak dari Bali pada Selasa (19/3) dan sehari kemudian langsung menjalani latihan bersama tim berjuluk Bajul Ijo.

"Masih ada surat yang perlu dilengkapi. Tapi dalam waktu dekat ini sudah bisa selesai. Makanya saya balik ke Surabaya. Seharusnya saya tetap di Timnas, tapi karena alasan itu saya pulang ke Surabaya," kata Dutra yang dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (20/3) sore.


Dutra juga tidak dapat memastikan kapan proses naturalisasinya selesai. Ia masih berharap bisa selesai sebelum laga uji coba Timnas Indonesia Myanmar.

Proses naturalisasi Otavio Dutra masih rampung.Proses naturalisasi Otavio Dutra masih rampung. (ANTARA/M Risyal Hidayat)
Bek asal Brasil 35 tahun itu mengaku sedih karena harus berpisah dengan rekan setimnya di Timnas Indonesia. Padahal, ia mengaku sudah bisa beradaptasi dengan cepat bersama Andik Vermansah dan kawan-kawan.

"Sedih pasti, karena saya kemarin sudah ikut Timnas Indonesia ke Australia, sudah ketemu teman-teman, sudah latihan, sudah uji coba di sana. Saya senang sekali mereka semua terima saya dengan baik," ucap Dutra.

Dari dua kali uji coba di Australia, Dutra selalu masuk dalam starter tim McMenemy. Ia juga berhasil mencetak satu gol saat Timnas Indonesia melumat tim All Star Liga 2 Australia dengan skor 5-1.

Otavio Dutra Sedih Tinggalkan Timnas Indonesia
"Saya sangat senang, meskipun uji coba saya senang bisa cetak gol dengan baju Timnas Indonesia. Saya senang juga karena sudah bisa latihan dan kenal dengan semua pemain, bisa diterima dengan baik, bisa adaptasi dengan mudah dan cepat serta bisa merepresentasikan Timnas Indonesia di Australia."

"Pelatih bilang akan tunggu saya selesai proses naturalisasi. Saya berharap bisa selesai cepat supaya bisa membela Timnas Indonesia," jelas mantan pemain Bhayangkara FC itu.

Sementara itu dikonfirmasi terpisah Direktur Media PSSI Gatot Widakdo menjelaskan Dutra dipastikan tidak akan dibawa untuk mengikuti laga uji coba internasional di FIFA Matchday melawan Myanmar pada Senin (25/3).

"Itu keputsan dari Coach Simon untuk memulangkan Dutra karena proses naturalisasinya belum selesai. Dia akan dipanggil lagi kalau proses naturalisasi selesai dan dipastikan tidak akan dibawa ke Myanmar," ujar Gatot. (TTF/jun)