Persija Hajar Borneo FC 5-0 di Piala Presiden 2019

CNN Indonesia | Selasa, 05/03/2019 20:21 WIB
Persija Hajar Borneo FC 5-0 di Piala Presiden 2019 Persija Jakarta mengalahkan PSS Sleman 5-0 pada laga pertama mereka di Piala Presiden 2019. (Dok. Persija Jakarta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persija Jakarta sukses menghajar Borneo FC dengan skor telak 5-0 pada laga perdana Grup D Piala Presiden 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (5/3).

Persija Jakarta sudah unggul 3-0 sejak babak pertama berkat dua gol Novri Setiawan dan Bruno Matos. Sementara dua gol tambahan di babak kedua ditorehkan Ramdani Lestaluhu dan Heri Susanto.

Lini depan Macan Kemayoran tampil solid meski tanpa diperkuat Marko Simic yang harus menjalani persidangan di Australia karena kasus pelecehan seksual.


Novri Setiawan membuka keunggulan Persija di menit ke-14 lewat sundulan memanfaatkan umpan tendangan bebas Bruno Matos.

Bruno Matos cetak satu gol dan satu assist.Bruno Matos cetak satu gol dan satu assist. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Lima menit berselang, giliran Bruno Matos yang mencatat namanya di papan skor. Gelandang serang asal Brasil itu menuntaskan umpan terobosan Riko Simanjuntak dengan tembakan kaki kiri yang terukur.

Novri Setiawan menggandakan koleksi golnya di laga ini sekaligus membawa Persija unggul 3-0 di menit ke-24. Gol ini tercipta berkat kerja sama apik antara Bruno Matos, Riko Simanjuntak, dan Novri.

Bruno lebih dulu mengirimkan umpan terobosan ke kotak penalti kepada Riko dan meneruskan umpan silang kepada Novri. Bola lebih dulu dikontrol Novri sebelum melepaskan tembakan mendatar ke pojok kanan gawang.

Ismed Sofyan nyaris menambah keunggulan Persija di pengujung babak pertama usai lewat eksekusi tendangan bebas. Namun, tendangannya masih bisa ditepis kiper Nadeo Argawinata.

Keunggulan Persija 3-0 atas Borneo bertahan hingga babak pertama usai.

Ramdani Lestaluhu sumbang satu gol bagi Persija.Ramdani Lestaluhu sumbang satu gol bagi Persija. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Meski sudah unggul, skuat arahan Ivan Kolev tidak menurunkan tempo permainan di babak kedua. Kecepatan Riko dan Novri dari sisi sayap kerap merepotkan pertahanan lawan.

Persija berhasil memperlebar keunggulan di awal babak kedua memanfaatkan kemelut. Tendangan bebas Bruno Matos lebih dulu membentur pemain belakang Borneo sebelum bola liar berhasil disambar Ramdani.

Unggul 4-0 membuat pelatih Persija Ivan Kolev memilih untuk melakukan empat pergantian pemain sejak menit ke-72. Ramdani, Ismed, Riko Simanjuntak, dan Dany Saputra ditarik keluar.

Borneo sempat bangkit dan menekan pertahanan Persija di 10 menit akhir namun usaha Asri Akbar dan kawan-kawan tak membuahkan hasil.

Justru Persija yang berhasil memperlebar keunggulan menjadi 5-0 di menit ke-88 berkat gol Heri Susanto. Gol striker pengganti itu menutup kemenangan Persija 5-0 atas Borneo.

Hasil ini mengantar Persija ke puncak klasemen Grup D dengan raihan tiga poin atau unggul selisih gol dari Madura United yang sebelumnya sukses mengalahkan PSS Sleman 2-0.

Susunan Pemain

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Maman Abdurrahman, Dany Saputra; Ramdani Lestaluhu, Bruno Matosm Rohit Chand; Riko Simanjuntak, Silvio Escobar, Novri Setiawan.

Borneo FC (4-5-1): 1-Nadeo Argawinata; 24-Diego Michiels, 19-Javlon Guseynov, 3-Jan Lammers, 7-Abdul Rahman; 14-Ambrizal Umanailo, 25-Finky Pasamba, 33-Wahyudi Hamisi, 6-Asri Akbar, 10-Renan Silva; 12-Lerby Eliandry (jal/jal)