Persib Bandung vs PS TIRA Buka Piala Presiden 2019

antara, CNN Indonesia | Rabu, 20/02/2019 01:28 WIB
Persib Bandung vs PS TIRA Buka Piala Presiden 2019 Iwan Budianto (tengah) ketua panitia pelaksana Piala Presiden 2019 (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pertandingan antara Persib Bandung dan PS TIRA Persikabo akan menjadi laga pembuka Piala Presiden pada 2 Maret 2019 di Stadion Si Jalak Harupat.

Turnamen pramusim bertajuk Piala Presiden akan kembali melibatkan klub-klub Liga 1 akan kembali bergulir pada tahun ini. Selain 18 klub penghuni kompetisi teratas dalam strata sepak bola Indonesia, terdapat pula dua kesebelasan dari Liga 2 yakni Persita Tangerang dan Mitra Kukar.

"Kemeriahan Turnamen Piala Presiden akan kembali lagi. Meski turnamen ini merupakan ajang pemanasan menjelang musim kompetisi, namun tetap memiliki kelas, gengsi dan prestisius. Lewat turnamen ini, kita juga ingin menggerakan ekonomi kerakyatan dengan melibatkan masyarakat," kata Organizing Committee Turnamen Piala Presiden yang juga Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, dilansir dari situs resmi PSSI.


Persib Bandung vs PS TIRA Buka Piala Presiden 2019Pertandingan final Piala Presiden 2018 antara Persija Jakarta dan Bali United. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Dalam pelaksanaan Piala Presiden 2019, PSSI juga akan melakukan verifikasi pemain. Untuk memfasilitasi klub peserta, badan sepak bola tertinggi di Indonesia itu akan bekerja sama dengan pihak terkait seperti Kementerian Ketenagakerjaan dan Direktorat Jenderal Imigrasi.

"Sampai menjelang tanggal 2 Maret 2019, di mana Piala Presiden 2019 akan dimulai, kami bekerja keras untuk menuntaskan semua yang terkait perizinan baik dengan kepolisian, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) dan lainnya agar seluruhnya berjalan sesuai dengan harapan," ujar Iwan dikutip dari Antara.

Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha juga menegaskan verifikasi pemain Piala Presiden akan digelar Selasa (19/2) hingga dua hari menjelang pelaksanaan turnamen pramusim tersebut.

"Kami berharap turnamen ini menjadi ajang uji coba yang maksimal bagi pemain lokal maupun asing," ucap Tisha.

Pihak penyelenggara memastikan sebanyak 40 pertandingan akan disiarkan secara langsung di stasiun televisi nasional dan melalui siaran streaming.

Juara turnamen Piala Presiden 2019 akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp3,3 miliar. Klub penghuni peringkat kedua akan mendapat ganjaran Rp2,2 miliar dan peringkat ketiga serta keempat akan mendapat hadiah masing-masing Rp750 juta.

Persib Bandung vs PS TIRA Buka Piala Presiden 2019Arema FC menjadi juara Piala Presiden 2017. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Selain itu untuk penghargaan pemain terbaik memperoleh Rp250 juta, sementara pencetak gol terbanyak dan pemain muda terbaik akan mendapat Rp150 juta. Sedangkan wasit terbaik mendapat ganjaran Rp50 juta.

Dengan format home tournament pada fase grup, masing-masing klub penyelenggara laga akan mendapat subsidi Rp800 juta. Sementara tim yang berstatus tandang memperoleh Rp100 juta.

Untuk biaya pertandingan, klub pemenang akan mendapat Rp125 juta, dan mendapat Rp75 juta jika kalah. Seandainya laga berakhir imbang maka kedua kesebelasan akan mendapat Rp100 juta.

Pembagian Grup Piala Presiden 2019
Grup A (digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung): Persib Bandung (tuan rumah), Persebaya Surabaya, Perseru Serui dan Tira-Persikabo
Grup B (digelar di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi): Bhayangkara FC (tuan rumah), Semen Padang, Bali United dan Mitra Kukar
Grup C (digelar di Stadion Moch. Soebroto, Magelang): PSIS Semarang (tuan rumah), PSM Makassar, Persipura Jayapura dan Kalteng Putra
Grup D (digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman: PSS Sleman (tuan rumah), Persija Jakarta, Madura United dan Borneo FC
Grup E (digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang: Arema FC (tuan rumah), Persela Lamongan, Persita Tangerang dan Barito Putera (nva/jun)