Piala AFF U-22 2019

Malaysia yang Terluka Ancam Timnas Indonesia U-22

CNN Indonesia | Selasa, 19/02/2019 12:21 WIB
Malaysia yang Terluka Ancam Timnas Indonesia U-22 Timnas Malaysia U-22 yang terluka bisa mengancam Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF. (AFP PHOTO / MANAN VATSYAYANA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Malaysia U-22 yang kalah di laga perdana mereka di Piala AFF U-22 2019 mengancam Timnas Indonesia U-22 pada duel dua tim tersebut di Stadion Olimpiade Phnom Penh, Rabu (20/2).

Malaysia kalah dari Kamboja dengan skor tipis 0-1. Satu-satunya gol yang dilesakkan tim tuan rumah dicetak oleh Sath Rosib melalui tendangan bebas.

Kekalahan tersebut membuat peluang Malaysia lebih sulit untuk bisa menembus babak semifinal Piala AFF U-22. Apalagi Harimau Muda akan menghadapi rival berat, Timnas Indonesia U-22, di pertandingan kedua Grup B.


Pelatih timnas Malaysia U-22 Ong Kim Swee mengatakan laga melawan Timnas Indonesia U-22 amat krusial bagi skuatnya. Bukan sekadar pertaruhan gengsi, pertandingan itu akan menentukan peluang Harimau Muda lolos ke babak semifinal.

Ong Kim Swee mengatakan Timnas Malaysia U-22 harus segera bangkit usai kalah 0-1 dari Kamboja. (Ong Kim Swee mengatakan Timnas Malaysia U-22 harus segera bangkit usai kalah 0-1 dari Kamboja. (AFP PHOTO / MOHD RASFAN)
"Ini merupakan hasil yang tidak bagus. Kami tidak bermain baik dan tuan rumah bermain bagus untuk mengalahkan kami. Kami harus segera bangkit dari [kekalahan] ini dan memenangkan pertandingan berikutnya [lawan Indonesia]," terang Kim Swee dikutip dari situs AFF.

Indonesia sendiri juga gagal meraih hasil maksimal pada laga pembuka mereka di Grup B Piala AFF U-22 2019. Skuat besutan Indra Sjafri ditahan imbang 1-1 oleh Myanmar.

Merah Putih bahkan sempat tertinggal lebih dulu melalui gol Myat Win Naing Tin di babak pertama. Garuda Muda baru bisa menyamakan skor berkat gol Rachmat Irianto pada menit ke-38 memanfaatkan kesalahan kiper Myanmar Phone Thitsar.

Ia meninju bola umpan sepak pojok Luthfi Kamal, namun jatuh di depan Rachmat dan langsung disambar bek Timnas Indonesia U-22 itu.

"Pertandingan pertama selalu sulit. Babak pertama bisa dilihat, gol mereka datang karena kesalahan dari kami. Kurang siap mengantisipasi. Setelah itu pelan-pelan bangkit. Tapi ini performa bukan seperti biasa kami main di uji coba sebelumnya," ujar Indra usai laga.

Kamboja saat ini berada di puncak klasemen sementara Grup B dengan raihan tiga poin usai mengalahkan Malaysia 1-0. Sedangkan Indonesia ada di peringkat kedua usai ditahan imbang Myanmar. (bac/har)