Man United Menang di Kandang Chelsea Setelah Enam Tahun

CNN Indonesia | Selasa, 19/02/2019 12:51 WIB
Man United Menang di Kandang Chelsea Setelah Enam Tahun Menang di kandang Chelsea, Solskjaer ikuti jejak Alex Ferguson. (ANDREW YATES / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ole Gunnar Solskjaer sukses mengembalikan kejayaan Manchester United di kandang Chelsea setelah era Sir Alex Ferguson usai menang 2-0 di babak kelima Piala FA di Stadion Stamford Bridge, Selasa (19/2) dini hari.

Kemenangan di babak 16 besar Piala FA itu jadi yang pertama bagi Man United setelah enam tahun sejak Oktober 2012. Solskjaer jadi manajer pertama yang bisa membawa Man United menang di markas The Blues.

Setelah Ferguson pensiun di akhir musim 2012/2013, belum ada lagi manajer Setan Merah yang bisa menang di Stamford Bridge. Tiga manajer Man United sebelumnya hanya bisa mencatatkan hasil dua kali imbang dan tujuh kekalahan dari sembilan laga.


Jose Mourinho hampir saja mendahului rekor Solskjaer yang menang di markas Chelsea. Akan tetapi gol telat Ross Barkley di masa injury time pada matchday kesembilan Liga Primer Inggris, Oktober 2018, membuat klub asal London itu menyamakan kedudukan jadi 2-2.

Man United menang 2-0 atas Chelsea.Man United menang 2-0 atas Chelsea. (REUTERS/David Klein)
Mourinho pun gagal memberikan kemenangan untuk Man United di London dalam tiga percobaan sebelumnya. Tiga percobaan Mourinho sebelumnya berakhir dengan kekalahan untuk Man United.

Dua manajer sebelum Mourinho, David Moyes dan Louis van Gaal juga tidak pernah memberikan kemenangan untuk Man United. Van Gaal sekali imbang dalam dua pertemuan, sedangkan Moyes sekali menelan kekalahan (1-3).

Di sepanjang kariernya sebagai manajer, Sir Alex Ferguson hanya meraih sembilan kemenangan di kandang Chelsea di semua kompetisi sejak 1987.

Man United lolos ke babak berikutnya atau perempat final Piala FA berkat gol Ander Herrera (31') dan Paul Pogba (45'). Di perempat final Man United akan menghadapi Wolverhampton Wanderers, Sabtu (16/3) mendatang. (sry/bac)