Pecat Mourinho, Man United Bayar Kompensasi Rp353 Miliar

nva, CNN Indonesia | Jumat, 15/02/2019 09:03 WIB
Pecat Mourinho, Man United Bayar Kompensasi Rp353 Miliar Jose Mourinho dipecat Man United pada Desember 2018. (REUTERS/Andrew Yates)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manchester United mengakui mengeluarkan biaya sebesar £19,6 miliar atau lebih dari Rp353 miliar sebagai biaya kompensasi atas pemecatan Jose Mourinho dan lima stafnya.

Juru latih yang pernah menangani Chelsea, Inter Milan, dan Real Madrid itu dipecat Man United pada Desember 2018 setelah gagal membawa The Red Devils bersaing di papan atas Liga Inggris, sekaligus merupakan catatan terburuk Man United dalam 28 tahun.
Jumlah yang dikeluarkan Man United untuk Mourinho tersebut masuk dalam daftar luar biasa dalam keuangan kuartal kedua klub yang bermarkas di Stadion Old Trafford tersebut.

Dikutip dari Sky Sport, pengeluaran kompensasi untuk manajer asal Portugal itu lebih besar empat kali lipat ketimbang biaya kompensasi pemecatan David Moyes pada 2014 dan Louis van Gaal pada 2016.

Pecat Mourinho, Man United Bayar Kompensasi Rp353 Miliar Jose Mourinho bereaksi atas sebuah gol Manchester United. (Reuters/Carl Recine)
Namun biaya pemecatan Mou tidak seberapa jika dibandingkan dengan pemasukan kuartal Man United yang disebut mencapai £208,6 juta atau setara Rp3,7 triliun. Sementara klub memprediksi akan mendapat pendapatan sebesar £615-£630 juta selama satu tahun.


Sebelum dipecat Man United, Mourinho telah menandatangani kontrak hingga 2020 dan mendatangkan Fred, Diogo Dalot, dan Lee Grant senilai £50 juta. Tetapi Mourinho masih tidak puas lantaran gagal mendatangkan satu bek tengah baru.

Mourinho pun sempat mengkritik klub yang dianggap tidak mendukungnya dalam bursa transfer awal musim 2018/2019.

Memasuki musim baru, catatan Mou tidak cukup baik dan membuat Man United terlempar ke peringkat enam di Liga Inggris. Selain itu kabar hubungan tidak harmonis Mourinho dengan Paul Pogba juga sempat menjadi ganjalan bagi klub pengumpul 20 gelar juara Liga Inggris.

Posisi manajer lantas diduduki Ole Gunnar Solskjaer pada 19 Desember 2018 dan Man United sempat tidak terkalahkan selama 11 laga sampai akhirnya kalah dari PSG di Liga Champions. (nva/nva)