Persija vs Newcastle Jets Imbang, Lanjut Perpanjangan Waktu

CNN Indonesia | Selasa, 12/02/2019 16:57 WIB
Persija vs Newcastle Jets Imbang, Lanjut Perpanjangan Waktu RIko Simanjuntak bermain apik saat Persija melawan Newcastle Jets. (Dok. Persija Jakarta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Duel Persija Jakarta vs Newcastle Jets pada kualifikasi Liga Champions Asia dianjutkan ke babak tambahan 2x15 menit setelah bermain imbang di waktu normal di Stadion McDonald Jones, Australia, Selasa (12/2).

Duel berjalan cukup berimbang di babak pertama. Meski tuan rumah sempat menekan di 15 menit awal, Persija berhasil mengimbangi permainan dan menciptakan sederet peluang.

Riko Simanjuntak yang tampil apik saat Persija mengalahkan Home United 3-1 pada pekan lalu, kembali jadi ruh permainan Macan Kemayoran. Pergerakan pemain sayap mungil tersebut kerap merepotkan pertahanan lawan.


Sedikitnya ada dua kesempatan yang tercipta berkat aksi Riko Simanjuntak. Pertama tendangan rebound dari luar kotak penalti yang masih bisa diantisipasi kiper dilanjutkan tendangan keras di menit ke-26 yang melenceng tipis di sisi kanan gawang.

Marko Simic yang terlibat kasus pelecehan seksual saat tiba di Asutralia tampil di bawah performa. Striker asal Kroasia tersebut gagal memanfaatkan sederet peluang yang dimiliki. Termasuk tembakan melambung di pengujung babak pertama.

Tuan rumah juga memiliki sejumlah peluang emas di depan gawang. Namun, penampilan gemilang Andritany Ardhiyasa dan kurang tenangnya lini depan Newcastle Jets membuat skor imbang tanpa gol jadi hasil ideal hingga akhir babak pertama.

Newcastle Jets mencoba tampil agresif di awal babak kedua. Hasilnya, skuat arahan Ernie Merrick berhasil unggul lewat sontekan Ronald Vargas memanfaatkan umpan silang mendatar Roy O'Donovan di menit ke-49.

Sisi kiri Persija yang dikawal Dani Saputra jadi lubang yang sukses dimanfaatkan The Jets untuk mencetak gol pertama. O'Donovan dengan leluasa melepaskan umpan silang mendatar di depan gawang yang mudah dituntaskan Vargas.

Tertinggal satu gol tak membuat Persija menyerah begitu saja. Skuat arahan Ivan Kolev malah tampil kolektiv sejak tertinggal 0-1.

Persija berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-72. Umpan sepak pojok dari Riko Simanjuntak berhasil ditanduk Ramdani Lestaluhu untuk mengubah skor menjadi 1-1.

The Jets terus berupaya untuk mencetak gol kemenangan di waktu tersisa hingga lima menit waktu tambahan di masa injury time yang menegangkan. Namun tak berhasil menembus gawang Andritany Ardhiyasa.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga waktu normal usai dan memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan 2x15 menit. 

Susunan pemain

Newcastle Jets: Glen Moss; Nigel Boogaard, Ben Kantarovski, Steven Ugarkovic, Dimi Petratos; Roy O'Donovan, Ronald Vargas, Kaine Sheppard, Daniel Georgievski; Johnny Koutroumbis, Nikolai Topor-Stanley.

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Maman Abdurrahman, Dani Saputra; Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu, Yan Pieter Nasadit; Riko Simanjuntak, Beto Goncalves, Marko Simic. (jun/bac)