9 Rekrutan Top Juventus Berstatus Bebas Transfer

CNN Indonesia | Selasa, 12/02/2019 06:05 WIB
9 Rekrutan Top Juventus Berstatus Bebas Transfer Paul Pogba salah satu pemain gratis yang memberikan keuntungan besar untuk Juventus. (Alessandro Garofalo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Juventus memiliki sejumlah pemain rekrutan dengan status bebas transfer yang memberikan dampak besar bagi klub berjuluk Si Nyonya Tua itu.

Yang terbaru Aaron Ramsey bergabung dengan Juventus pada musim panas mendatang dengan status bebas transfer.

Kepergian Ramsey dari Arsenal menjadi sorotan mengingat gelandang asal Wales itu merupakan andalan The Gunners.


Dikutip dari Squawka, sejak 2012 Juventus mampu mendatangkan sembilan pemain dengan nama beken tanpa mengeluarkan biaya transfer.

Dengan sembilan pemain bebas transfer itu tim hitam-putih tersebut sukses meraih 14 trofi hingga saat ini. Termasuk tujuh gelar Serie A secara beruntun.

Tidak saja gelar juara, Juventus juga mendapat banyak keuntungan dari penjualan pemain-pemain gratis tersebut.

Kepiawaian Juventus merekrut nama-nama tenar dengan gratis berbeda jauh dengan Arsenal. Klub asal London itu mendapatkan pemain gratis dengan level seperti Marouane Chamakh, Yaya Sanogo, Mathieu Flamini, Sead Kolasinc, dan Stephan Lichtsteiner.

Ramsey (kiri) akan menjadi pemain Juventus pada musim depan.Ramsey (kiri) akan menjadi pemain Juventus pada musim depan. (Reuters/David Klein)
Berikut sembilan pemain bebas transfer yang didapat Juventus dengan cuma-cuma dikutip dari Squawka:

1. Paul Pogba
Paul Pogba tiba ke Juventus pada Agustus 2012 saat berusia 19 tahun. Kendati demikian, pemain asal Prancis itu kerap jadi pembeda bagi timnya saat dimainkan.

Kepergian Pogba ke Manchester United pada 2016 juga memberikan keuntungan besar untuk Juventus setelah dijual dengan harga €105 juta atau setara Rp1,6 triliun.

2. Lucio
Lucio didatangkan Juventus dari klub Rival, Inter Milan, pada Juli 2012. Hanya saja, nasib Lucio di Juventus tidak seperti di Inter. Bek asal Brasil itu kalah bersaing dengan Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci.

Fernando Llorente direkrut dari Athletic Bilbao pada 2015.Fernando Llorente direkrut dari Athletic Bilbao pada 2013. (AFP PHOTO / MARCO BERTORELLO)
3. Fernando Llorente
Striker Fernando Llorente pernah menyandang label andalan Athletic Bilbao sebelum pindah ke Juventus pada 2013. Akan tetapi Llorente hanya bertahan dua musim di Turin sebelum pindah ke Sevilla dengan gratis.

4. Kingsley Coman
Seperti Pogba, Juventus juga mendapatkan pemain muda potensial lainnya, Kingsley Coman, dengan cuma-cuma dari Juventus pada 2014. Akan tetapi semusim kemudian Coman dipinjamkan ke Bayern Munchen dengan klausul pembelian sebesar €21 juta pada 2017.

5. Neto
Kiper asal Brasil, Neto, pindah ke Juventus dari Fiorentina pada 2015. Lantaran tidak kerasan menjadi pelapis Gianluigi Buffon, Neto dijual ke Valencia dengan harga €6 juta pada 2017.

Sami Khedira kini menjadi andalan Juventus di lini tengah.Sami Khedira kini menjadi andalan Juventus di lini tengah. (REUTERS/Sergio Perez)
6. Sami Khedira
Kurang mendapat tempat di Real Madrid membuat Sami Khedira memilih pindah ke Juventus pada 2015. Selama tiga musim di Turin, gelandang asal Jerman itu sudah membantu Juventus meraih tujuh trofi.

7. Dani Alves
Pada 2016 Juventus mendatangkan Dani Alves dari Barcelona dengan kontrak satu musim. Dengan cepat Alves langsung menjadi andalan Juventus di bawah asuhan Massimiliano Allegri. Selain Scudetto, Alves juga mengantar Juventus jadi runner-up Liga Champions.

8. Emre Can
Di musim panas lalu Juventus mendapatkan keuntungan dengan merekrut Emre Can. Pasalnya pemain asal Jerman itu tipikal pemain serbabisa yang dapat dimainkan di beberapa posisi. Sejauh ini Can sudah bermain dalam 22 laga di semua kompetisi dengan mencetak dua gol.

9. Aaron Ramsey
Aaron Ramsey bisa menjadi alternatif bagi Juventus dalam menyerang. Pemain asal Wales itu piawai mengatur ritme permainan dan bisa menjadi pemecah kebutuan. (sry/sry)